You are here: Home / Elektronik / Perbedaan TV LCD VS LED, Simak Berikut Agar Tak Salah Pilih
Perbedaan TV LCD VS LED

Perbedaan TV LCD VS LED, Simak Berikut Agar Tak Salah Pilih

Perbedaan TV LCD Vs LED. Televisi di era modern seperti sekarang ini kualitasnya memang jauh berbeda dibandingkan dengan TV di zaman dahulu, pertama kali muncul dalam bentuk yang super besar, yaitu TV tabung yang tak hanya ukurannya saja besar, melainkan jika melihat dari segi bobotnya yang berat, sehingga sulit untuk dipindah-pindahkan, maka berbeda dengan produk yang baru seperti sekarang ini, kian ramping dan juga ringan. Diawali dengan lahirnya produk TV LCD, hingga semakin kesini semakin bermunculan seri-seri terbaru yang ditawarkan ke pasaran, salah satu diantaranya yang bisa Anda jumpai adalah produk TV LED hingga OLED. Harga TV LCD untuk seri generasi terbaru ini memang masih tergolong murah jika Anda bandingkan dengan produk TV tabung pada umumnya.

Namun kian kesini kian banyak sekali fiture-fiture tambahan yang disematkan padanya, tentu akan membuat tawaran harganya juga jadi semakin mahal. Faktanya memang banyak sekali hal yang dijadikan sebagai pertimbangan oleh konsumen ketika ingin membeli produk penunjang hiburan yang satu ini selain dari segi harganya, juga melihatnya dari segi kualitas yang didapatkan bahkan juga konsumsi daya listriknya nanti.

Beberapa orang sering kali menyamakan produk TV LCD ini dengan LED, meskipun dari segi tampilan serupa, namun ternyata ada banyak sekali perbedaan mendasarnya yang harus Anda ketahui, sehingga tak salah dalam memilih, diantaranya adalah:

1. Harga.

Faktanya memang harga TV LCD ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan LED, jika TV LCD bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 1 jutaan rupiah, maka berbeda dengan jenis LED, umumnya tawaran harga tergolong mahal, yaitu dengan nilai di atas 2 juta rupiah, bahkan lebih. Jadi TV LCD bisa lebih murah setengah harganya dibandingkan dengan LED, cocok untuk kalangan menengah ke bawah.

2. Konsumsi daya listrik.

Jika melihat dari pengeluaran biaya untuk keutuhan listriknya, ternyata TV LED sendiri lebih unggul, hal ini disebabkan teknologi yang digunakan berbasis light emitting diode yang membuat pengeluaran untuk listriknya jadi jauh lebih hemat, nilai penghematan antara 20 sampai dengan 30 persen dibandingkan dengan TV LCD, sehingga bagi Anda yang mencari produk ramah lingkungan maka bisa mempertimbangkan seri LED ini.

3. Kualitas.

Tingkat kontras atau kualitas dari tampilan yang diberikan, karena produk TV LCD sendiri adalah generasi kedua yang lebih lama, maka kala itu tingkat kontras yang ditawarkan memang sudah lebih baik dibandingkan dengan TV tabung, namun sejak kemunculan produk TV LED ini kian diperbaharui lagi, sehingga menghasilkan kontras warna yang lebih jelas dan nampak seperti nyata di depan Anda. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika seandainya kualitas dalam menonton tayangan memakai TV LED ini juga jauh lebih baik dari LCD.

4. Ketebalan layar.

Jika melihat dari segi bobot dan juga ketebalan layar untuk masing-masing produk, baik itu LCD maupun LED tergolong sama, karena produk TV LED sendiri masih mengadopsi dari TV LCD yang memang menawarkan tampilan super tipis dan juga memungkinkan kemudahan dalam penempatannya dimanapun dibandingkan dengan produk TV tabung. Hal inilah juga yang membuat konsumen terkadang tak bisa membedakan antara keduanya.

Setelah tau perbedaan antara kedua jenis TV unggulan tersebut, jadi mana yang akan Anda jadikan sebagai pilihan, jika budget terbatas akan lebih baik pilih TV LCD, karena harga TV LCD ini jauh lebih murah dari LED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *