Category Archives: Elektronik

You are here: Home / Elektronik
4 Zat Berbahaya yang Terkandung dalam Rokok Elektronik

4 Zat Berbahaya Yang Terkandung dalam Rokok Elektronik

Bila Anda perokok tentunya mengenal dengan namanya rokok elektrik. Konon katanya, rokok elektrik lebih smooth bila menghisapnya. Nah, berbicara rokok elektrik atau vape tentu ada efek sampingnya. Pengin tahu apa saja? Ini jawabannya.

Pentingnya kesehatan ternyata belum juga membuat para perokok aktif mengurangi intensitasnya terhadap merokok. Aktifitas merokok nyatanya memang sangat sulit untuk dihentikan. Sebanyak apapun bahaya merokok bagi kesehatan diri sendiri maupun orang banyak, namun tetap saja jumlah perokok di dunia semakin meningkat. Apalagi dengan hadirnya rokok elektronik. Rokok ini justru memberikan warna baru dalam aktifitas merokok.

Munculnya rokok yang elektronik ini, membuat banyak para pecandu rokok semakin penasaran dengan inovasi rokok ini. Namun bagi para pecinta rokok konvensional alias rokok batangan, mereka akan tetap memilih rokok tersebut karena dirasa lebih nyaman digunakan. Elektronik rokok atau Electronic Nicotine Delivery System atau disebut juga e-cigarette, merupakan sebuah inovasi dari rokok konvensional menjadi rokok yang lebih modern. Tahun 2003 adalah awal mula rokok modern ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan Cina yang bernama SBT Co Ltd. Namun pada tahun 2004 telah diambil alih oleh Golden Dragon Grup Ltd. Dan saat ini Ruyan SBT Co Ltd yang mengembangkan teknologi tersebut dengan nama resmi SBT Ruyan Technology & Development Co, Ltd.

Awalnya rokok elektronik dianggap lebih aman dan ramah lingkungan. Karena rokok ini tak menghasilkan bau maupun asap. Rokok modern ini juga dirasa lebih hemat karena tak perlu beli berkali-kali, cukup isi ulang rokoknya saja. Sistem kerja rokok ini yaitu rokok modern ini membakar cairan dengan menggunakan baterai sehingga uap nya dapat masuk ke paru-paru pengguna.

Adapun kandungan zat berbahaya yang terdapat didalam rokok modern, yaitu:

• Nikotin

Kandungan ini yang menyebabkan para perokok menjadi kecanduan untuk terus merokok. Sehingga berhenti merokok terasa sangat sulit.

• Propilen glikol

Pada rokok modern, kandungan zat ini sangat banyak bahkan melampaui batas normal. Hal inilah yang menjadikannya berbahaya. Karena jika dikonsumsi dengan kadar rendah, senyawa kimia ini terbilang aman.

• Pewarna dan perasa makanan kimia

Semua zat yang mengandung bahan-bahan kimia tentu sangat berbahaya bagi tubuh. Meski tidak sekarang gejala-gejalanya timbul. Namun perlahan akan menggerogoti tubuh kita.

• Gliserin

Zat ini berupa cairan yang kental namun tidak memiliki warna dan tidak mengandung bau. Gliserin memiliki rasa manis. Maka tak jarang digunakan oleh industri makanan dalam batas normal. Zat inilah yang memberi rasa pada nikotin.

Dengan melihat bahan-bahan berbahaya yang terkumpul dalam rokok, seharusnya para perokok menyadari akan ancaman kesehatan yang akan mereka hadapi. Namun untuk berhenti secara total dari merokok, memang sangat membutuhkan kesadaran pribadi dan juga terapi diri secara rutin. Dengan kemauan yang kuat, banyak perokok aktif yang kini bisa berhenti sepenuhnya dari barang berbahaya tersebut.

Rokok elektronik tak hanya membahayakan pribadi perokok saja, namun juga membahayakan para perokok pasif yang ada disekitarnya. Bahkan justru sering ditemui, para perokok pasif lebih rentan terkena gangguan kesehatan akibat asap rokok dari perokok aktif. Padahal tak seharusnya orang-orang yang tak merokok menjadi korban akibat ulah para perokok yang merokok di sembarang tempat. Itu sebabnya hampir di seluruh kantor, perusahaan, tempat umum, diatur tempat khusus para perokok yang ingin merokok. Agar aktifitas mereka tak mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain. Paru-paru yang sering menjadi korban aktifitas merokok ini. Tak heran banyak perokok aktif dikemudian hari menderita kanker paru-paru dengan stadium tinggi. Apapun bentuk rokoknya, selama itu berbahaya untuk tubuh sebaiknya lepaskan. Sebab, kesehatan itu sangat mahal. Bukan dari segi harga. Namun dengan sehat, bahagia menjadi lebih terasa.