You are here: Home / E-Commerce, Tips / Reksadana: Investasi yang Menguntungkan dan Mudah

Reksadana: Investasi yang Menguntungkan dan Mudah

Anda tentu telah mengenal investasi yang dikenal dengan reksadana bukan? Reksadana ialah sekumpulan dana investor yang dikelola oleh seorang manajer investasi untuk nantinya dibelikan saham, obligasi, atau instrument keuangan lainnya yang menguntungkan bagi investor.  Jenis reksadana pun bermacam-macam tergantung pada kebutuhan investor. Saat ini investasi reksadana terbaik di Indonesia dari jenis pasar saham diduduki oleh produk yang dimiliki Millennium Dynamic Equity Fund. Adapun produk yang dikelolanya telah mencapai 43 miliar rupiah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis reksadana yang saat ini cukup dikenal oleh masyarakat antara lain:

  1. Reksadana pasar uang

Reksadana ini seluruhnya ditepatkan pada deposito, SBI, dan obligasi. Reksadana jenis ini memiliki risiko yang lebih rendah dan keuntungan yang rendah juga. Jangka waktu investasinya pun kurang dari 1 tahun.

  1. Reksadana pendapatan tetap

Dananya dialokasikan sebesar 80% ke obligasi dengan potensi keuntungan lebih besar daripada reksadana pasar uang. Jangka waktu investasinya 1—3 tahun.

  1. Reksadana campuran

Alokasi dananya pada berbagai instrumen keuangan. Potensi keuntungannya relatif lebih tinggi dari reksidana pendapatan tetap. Jangka waktu investasinya 3—5 tahun.

  1. Reksadana saham

Alokasi dananya 80% ada pasar modal atau saham. Potensi keuntungannya lebih besar dibanding jenis reksadana lainnya. Meski begitu, risiko yang diimiliki juga jauh lebih besar dengan jangka waktu investasi di atas 5 tahun.

Untuk memilih investasi reksadana, seringkali calon investor merasa kesulitan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti jumlah reksadana yang mencapai 754 dan dikelola ole 73 Manajer Investasi, pemahaman yang kurang karena investasi jenis ini cenderung baru, hingga ketakutan akan keamanan uang yang akan diinvestasikan.

Berdasarkan kendala tersebut, kini hadir produk reksadana online yang menguntungkan secara imbal balik, mudah secara pembelian dan pengelolaan, serta terjamin keamanannya. Bukalapak sebagai salah satu ecommerce terbesar di Indonesia kini ikut berperan dalam bidang finansial. Hal ini ditandai dengan fitur BukaReksa yang dikelolanya sebagai salah satu cara mudah investasi reksadana yang bisa dilakukan secara online melalui reksadana Pasar Uang.

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dari pembelian reksadana melalui BukaReksa milik Bukalapak antara lain:

  1. Minimum dana pembelian Reksadana yang terjangkau

Dengan hanya memiliki saldo sebesar Rp 10.000 pada BukaDompet, Anda sudah bisa memulai investasi Reksadana di BukaReksa. Angka ini tentu saja jauh di bawah rata-rata dana minimum pembelian Reksadana pada umumnya. Hal ini tentu saja memudahkan Anda sebagai investor ataupun investor pemula agar tidak kesulitan dalam mengadakan biaya investasi.

  1. Proses Transaksi Sangat Cepat, Mudah, dan Sederhana

Anda tinggal memilih produk Reksadana yang diinginkan pada laman Bukareksa, kemudian memasukkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelian. Sistem Bukalapak dengan segera akan memverifikasi pembelian reksadana Anda.

  1. Return yang tinggi dan dapat dicairkan kapan saja

Uang yang disimpan dalam Reksadana Pasar Uang akan menghasilkan return yang relatif lebih tinggi daripada Deposito Berjangka. Melalui Bukareksa, Anda bisa mencairkan uang Anda kapan saja tanpa batas waktu jatuh tempo ataupun denda.

  1. Aman dan Minim Resiko

Bukareksa milik Bukalapak diawasi sepenuhnya oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga terjamin keamanannya. Sedangkan pilihan Bukalapak untuk mengalokasikan dana pada reksadana Pasar Uang  adalah pilihan yang tepat dan sangat aman sehingga memiliki resiko yang rendah dibandingkan produk investasi langsung seperti saham dan obligasi.

  1. Tidak ada biaya transaksi

Anda bisa melakukan pembelian dan penjualan produk Reksa Dana Pasar Uang kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.

Mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *