Category Archives: E-Commerce

You are here: Home / E-Commerce, Tips
Belanja online

Trik Belanja Cerdas Saat Harbolnas 1212 2017

Online shop menyediakan berbagai macam produk kebutuhan masyarakat mulai dari item fashion, produk kebutuhan rumah tangga, gadget, produk kesehatan dan juga kecantikan. Hal inilah yang membuat sebagian banyak diantara masyarakat memutuskan untuk belanja dari toko online ini, mengingat ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan, prosesnya bahkan lebih mudah dibandingkan dengan belanja secara langsung. Namun ada jangka waktu tunggu untuk barang agar sampai ke rumah. Bahkan tak kalah dengan belanja offline, sekarang ini belanja secara online juga memiliki hari peringatan tersendiri atau hari jadi yaitu Harbolnas 1212.

Hari belanja online nasional tepat jatuh pada 12 Desember, merupakan hari yang pastinya akan sangat ditunggu oleh penggila belanja. Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan tawaran harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Bahkan bukan hanya harga hemat, melainkan masih banyak keuntungan yang lainnya, mengingat setiap toko online atau market place menyediakan tawaran menarik untuk konsumen-konsumen setia mereka, apalagi berlaku untuk semua jenis item barang. Hanya saja dalam jumlah atau stock yang terbatas.

Khusus untuk Anda yang memang telah lama menantikan moment diskon besar-besaran di tahun ini, maka jangan hanya menunggu di tanggal 12 Desember saja, mengingat mulai dari bulan November ini sudah banyak yang menawarkan hal tersebut. Paling tidak Anda sudah bisa mencari diskonan menarik mulai dari sekarang. Lalu bagaimanakah cara belanja lebih menguntungkan ketika Harbolnas tiba? Simak informasinya berikut ini:

  1. Mulailah mendaftarkan diri untuk menjadi member, yaitu dengan cara mengisi data lengkap dan juga alamat email pada toko yang Anda incar. Jangan ragu juga untuk mendaftarkan diri pada sebuah toko online, sehingga semuanya akan memberikan informasi terkait dengan belanja lebih hemat tersebut. Anda juga bisa dapatkan lebih banyak pilihan menariknya.
  2. Masukkan barang yang sudah diincar dalam waitlist, sekarang ini ada aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk menandai produk yang dijual secara online dan ingin Anda beli. Cukup dengan memasukkannya dalam waitlist saja, artinya memang tak harus langsung membelinya, aplikasi tersebut nantinya akan selalu mengingatkan untuk membeli produk incaran, namun di waktu yang tepat. Setidaknya dengan banyaknya tawaran diskon untuk berbagai pilihan barang, maka Anda tak akan lupa apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan atau tujuan utama untuk dibeli.
  3. Segera untuk mengunduh aplikasi toko online yang bersangkutan, proses belanja akan jadi jauh lebih mudah dan juga aman ketika Anda memiliki aplikasinya sendiri, sehingga jauh lebih disarankan untuk berbelanja lewat aplikasi ini dibandingkan dengan menggunakan browser atau datang ke toko online lewat URL, mengingat keamanan dalam belanja lewat aplikasi jauh lebih terjamin.
  4. Belanja untuk produk diskonan akan jauh lebih mudah dilakukan pada malam hari, mengapa demikian? Karena penggunaan internet sendiri tergolong lebih lengang, umumnya mereka akan berburu promo diskon di siang atau sore hari, sedangkan tidak di malam hari, khususnya jam-jam lengang seperti pukul 00:00 hingga 03:00. Jadi server juga tak akan mengalami kegagalan dalam proses pembeliannya.

Namun pastikan juga jangan sampai Harbolnas justru akan menguras kantong Anda, hati-hati dengan berbagai macam bentuk penipuan ketika hari belanja online nasional ini. Salah satu diantaranya adalah diskon fiktif atau promo yang sebenarnya tidak pernah ada. Karena banyak diantara pedagang curang yang sering kali melakukan hal tersebut.

Tips Jualan Produk Fashion Online yang Bisa Menarik Banyak Konsumen  

Salah satu bidang usaha yang paling banyak ditekuni oleh wirausaha muda atau baru memang dengan berjualan. Kebanyakan diantaranya memiliki sistem online karena memang bisa menekan pengeluaran modal dengan cara yang juga jauh lebih mudah dibandingkan menjalankannya secara langsung. Ada dua kemungkinan saat Anda mencoba bisnis yang satu ini, diantaranya adalah akan laris manis dengan banyak konsumen, ataupun juga akan tetap stuck di jalan. Meskipun tidak mengalami kerugian bagi yang menjalankan sistem dropshipper. Agaknya bagi para pelaku usaha harus tau tips jualan via online yang benar.

 

Bidang usaha online memang tengah populer beberapa tahun belakangan ini, mengingat semakin banyaknya wadah yang disediakan bagi siapa saja untuk mengisinya dengan produk yang Anda inginkan. Kecanggihan teknologi ini jugalah yang mendorong banyak konsumen lari melakukan transaksi secara online dibandingkan dengan langsung, apalagi dengan tawaran harga yang juga sangat terjangkau. Bisnis online yang paling banyak dijalankan umumnya memang menjual produk fashion.

 

Dengan beberapa keunggulan seperti barangnya yang tahan lama, mudah dikirim dan juga mudah dalam mencari konsumen. Hanya saja tips jualan produk fashion secara online ini juga harus Anda pelajari terlebih dahulu agar bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi, juga menarik lebih banyak konsumen, diantaranya adalah:

 

  1. Cari supplier terpercaya, supplier adalah salah satu pihak yang akan menentukan kesuksesan Anda, tak harus membuat barangnya sendiri atau melakukan stock terlebih dahulu, karena resiko ruginya akan jauh lebih tinggi, cukup dengan memilih salah satu supplier yang sudah Anda kenal, memberikan harga murah dengan kualitas barang yang juga jempolan.
  2. Gambar adalah hal yang paling penting dalam bisnis online, inilah yang harus Anda pahami dengan benar, dimana tampilan barang yang akan dijual menjadi penentu banyaknya orang yang datang membeli produk jualan Anda tersebut. Hanya saja satu hal yang harus Anda perhatikan disini, yaitu jangan terlalu banyak menggunakan editan. Hal ini akan membuat kualitas produk asli terlihat lebih jelek dari gambarnya, sehingga kepercayaan konsumen juga akan turun.
  3. Jika kehabisan stock barang, maka jangan sungkan untuk memberi tahu konsumennya secara langsung, hal inilah yang paling sering diabaikan, mereka terus mencari-cari padahal sebenarnya tidak ada, sehingga kepercayaan konsumen menjadi turun, karena setelah ditunggu hingga jangka waktu yang lama, ternyata barang tidak ada.
  4. Hati-hati dalam menentukan harga, inilah yang nantinya akan membedakan bisnis online yang Anda jalani dengan kompetitor, yaitu tawaran harga, jangan ragu untuk memberikan harga murah asalkan Anda sudah dapatkan keuntungan, lebih banyak konsumen yang puas maka mereka akan kembali lagi, dibandingkan sebaliknya.

 

Tips jualan produk fashion online tersebut bisa coba Anda aplikasikan sendiri.

Taktik Mendapatkan Diskon Sesering Mungkin di Toko Online Murah

toko online murah

Harga murah adalah poin utama yang akan menarik perhatian konsumen, baik di toko fisik maupun online. Anda sendiri juga merasa demikian, bukan? Ketika ada online shop yang menawarkan harga spesial, Anda pasti akan membeli lebih banyak dari biasanya, bahkan mungkin untuk barang yang tak Anda perlukan sekalipun. Apalagi sekarang ini semakin banyak saja toko online murah, yang saling berkompetisi untuk menarik pelanggan, pilihan Anda semakin banyak saja.

Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa cara yang lebih praktis untuk mendapatkan harga yang spesial dari para online shop tersebut? Kalau Anda melakukannya dengan cara memantau setiap media sosial dan situs yang mereka miliki, Anda sendiri yang tentu akan merasa lelah. Cara ini memang harus diakui keefektivitasannya, tapi Anda sendiri juga tak selalu bisa untuk menyisihkan waktu melihat semua kesempatan diskon, bukan? Karena itulah, Anda akan memerlukan beberapa taktik yang akan dibahas di bawah ini.

Anda memang perlu untuk mencari toko online murah yang menawarkan harga barang yang terbaik. Namun ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan penawaran yang spesial. Pertama adalah dengan mendaftar menjadi anggotanya. Ya, banyak online shop yang menawarkan keanggotaan gratis, dan dari situ, Anda akan mendapatkan manfaat seperti:

– Mendapatkan newsletter setiap kali ada produk baru, dan Anda yang bisa mencobanya lebih dulu, dengan harga yang masih harga promosi.
– Secara rutin mendapatkan kupon dan tawaran bundling paket harga spesial untuk produk-produk serupa yang lebih lengkap.
– Mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan diskon ataupun dengan produk tertentu pilihan Anda.

Menguntungkan, bukan? Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mendaftar menjadi anggota. Tapi kalau misalnya saja Anda tidak terlalu punya keinginan untuk mengisi inbox email Anda dengan newsletter dan iklan, hal lain yang mudah dalam mendapatkan diskon adalah berbelanja di hari-hari spesial. Hari-hari itu bisa saja mencakup hari seperti:

– Hari raya keagamaan, seperti Idul Fitri atau Natal, di mana biasanya harga-harga bisa turun sampai cukup drastis.
– Perayaan khusus seperti Tahun Baru, Valentine, demikian juga dengan Hari Anak ataupun Hari Ibu. Biasanya diskon akan sesuai dengan apa yang dirayakan pada hari itu.
– Anniversary toko online itu sendiri. Ketika mereka merayakan berdirinya situs tersebut, bisa dipastikan mereka akan memberikan diskon.

Dua cara di atas adalah cara yang masuk dalam easy mode untuk mendapatkan diskon. Namun strategi tersebut tidak hanya satu-satunya cara saja. Berikut ini adalah beberapa taktik lain yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa di situs yang masih berhubungan dengannya – kadang kala situs retail yang besar mempunyai semacam mini stores yang spesifik. Anda bisa melihat apakah ada diskon di dalamnya.
2. Gunakan kartu kredit Anda – banyak online shop yang juga bekerja sama dengan bank-bank dan menawarkan diskon besar bagi pemilik kartu kredit tertentu. Anda juga bisa tukar poin di sini.
3. Manfaatkan status – contohnya saja jika Anda adalah mahasiswa atau masih bersekolah, Anda bisa mendapatkan student discount dengan potongan yang cukup lumayan.

Itu tadi cara-cara untuk bisa memanfaatkan diskon di toko-toko online murah yang sekarang ini sedang menjamur. Tak serepot ketika Anda harus memantau di setiap media yang mereka miliki, bukan? Bahkan sekarang ini Anda juga mendapatkan kesempatan untuk membeli barang dari luar negeri. Siapa tahu, justru harganya di sana jadi lebih murah.

Tempat Belanja Online Murah

Dimana Tempat Belanja Online Murah dan Belanja Tepat

Melakukan kegiatan belanja di internet sudah lazim. Semakin banyaknya online stores memastikan bahwa Anda mempunyai banyak pilihan membeli barang hanya dengan beberapa kali klik saja, dari mana saja, dan kapan saja. Satu lagi keuntungan dari online shopping adalah harganya yang menggoda. Inilah beberapa cara supaya Anda bisa belanja online murah.

Tempat Belanja Online Murah

Tempat Belanja Online Murah

Harga barang-barang online bisa lebih murah atau justru lebih mahal, tergantung tempat Anda berbelanja. Namun sebelum memulai, pastikan dulu bahwa situs yang Anda pilih:

  • Merupakan situs resmi dan bukan situs scamming ataupun penipuan, yang bertujuan menguras uang Anda.
  • Menyediakan barang-barang asli, bukan barang black market alias selundupan. Anda bisa melihat tanda-tandanya dari harganya yang super murah.
  • Bisa mengirimkan barang tepat waktu. Lihat dari review dan testimoni di website tersebut.
  • Menyediakan sistem keamanan, seperti menggunakan sistem SSL yang mengenkripsi data-data di dalamnya.

Setelah memastikan tempat belanja Anda aman, sekarang saatnya mencari tempat belanja online murah. Inilah beberapa tempat pilihan Anda:

Situs E-Commerce

Situs-situs ini merupakan milik korporasi besar dan menawarkan berbagai macam barang, dari kosmetik sampai alat elektronik, mirip dengan department store ataupun mall. Harga barangnya kurang lebih sama pula, meski sering ada diskon di hari-hari tertentu.

Marketplace

Mirip dengan e-commerce, namun yang membedakannya adalah bahwa marketplace merupakan tempat di mana Anda bisa menjual dan membeli. Banyak penjual yang menjual barang sama saling bersaing dengan harga yang miring. Barang bekas pun juga dijual.

Online Shop Khusus

Biasanya khusus menjual spesialisasi sendiri, seperti khusus tas, khusus sepatu, khusus gadget, alat elektronik, dll. Kalau Anda memang mengincar barang yang spesial, di sini tempatnya.

Forum

Beberapa forum membuka tempat jual beli mereka sendiri. Di sini Anda bisa berinteraksi langsung dengan penjual, melihat testimoni, dll. Tempat ini cocok jika Anda mencari barang yang langka.

Semua tempat-tempat di atas merupakan tempat belanja yang cukup murah. Namun untuk memaksimalkannya, Anda bisa mencari kesempatan ini:

  • Beli di saat sedang ada cuci gudang atau akhir musim tertentu. Diskon besar-besaran menanti Anda.
  • Membeli saat perayaan atau event khusus, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dll.
  • Jadi anggota situs belanja, di mana Anda bisa dapat potongan harga khusus, penukaran poin, dan undangan newsletter untuk mencoba produk baru secara promo.

Jadi, belanja online murah tidak soal diskon saja. Tempat di mana Anda membeli dan timing yang tepat adalah kuncinya. Sering-sering saja melihat di media sosial untuk toko-toko online langganan Anda, kapan mereka mengadakan diskon, kupon harian, cuci gudang, dan mungkin juga kompetisi berhadiah. Semua itu adalah taktik bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga terbaik.