You are here: Home / Bisnis / Usaha Online Pemetaan

Usaha Online Pemetaan

Usaha online bisa apapun, selama bisa memberikan hasil berupa rasa percaya antara pembeli dan penjual. Dan tentunya bisa memenuhi keperluan pasar jika berhubungan dengan produk yang di perjualbelikan. Jual beli jasa pembuatan peta yang menggunakan teknologi sistem informasi geografis bisa menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang mempunyai minat dalam bidang tersebut. Target pasar yang bisa ditawarkan mulai dari pengusaha hingga akademisi yang membutuhkan informasi terkini dan selalu di mutakhirkan secara berkala. Usaha online pemetaan kini memang banyak mendapatkan persaingan namun dengan jaminan validasi data terkini dan pelayanan perawatan yang selalu siap sedia maka usaha tersebut tentu akan berhasil bersaing.

Sistem informasi geografis merupakan hal yang sudah umum di kalangan masyarakat namun penggunaannya masih terbilang kurang maksimal. Dengan sedikit modal pun, usaha ini bisa di jalankan. Sebelum masuk ke dalam rencana bisnis, kita bahas sedikit tentang apa itu sistem informasi geografis. Menurut Shahab Fazal dalam buku GIS Basics (1), sistem informasi geografis (SIG) adalah database yang di khususkan untuk menampilkan referensi informasi spatial dalam suatu sistem koordinat. Dalam SIG, diperlukan empat hal berikut:

  1. Input data (Input Data)
  2. Tempat penyimpanan data (Data Storage)
  3. Tranformasi Data, Analisa dan Pemodelan (Data Transformation, Analysis and Modelling)
  4. Reportasi Data berupa peta, laporan dan perencanaan (Data rerporting)

Secara umum, SIG adalah usaha manusia untuk menampilkan informasi mengenai lingkungan sekitar dalam suatu tampilan yang mudah di mengerti oleh semua orang.

Lalu bagaimana dengan rencana bisnis usaha online pemetaan ini? Dalam perkembangan dunia teknologi, masyarakat memerlukan kemudahan dalam mendapatkan data. Teknologi internet sudah membantu hal ini. Namun, sifat dasar manusia yang tidak pernah puas tentu akan selalu mengharapkan sesuatu yang baru dan semakin instan untuk didapatkan. Semua informasi sudah tersedia namun bagaimana mengakses data tersebut dan bagaimana tampilan dari informasi yang terkandung dalam data tersebut, hal tersebut yang menjadi target pasar usaha ini. Dengan menghubungkan informasi-informasi tersebut dan menjadikannya dalam suatu tampilan berupa citra, akan memudahkan masyarakan dalam memahami informasi tersebut. Dalam SIG, sistem lapisan informasi sudah menjadi hal mendasar, sehingga masyarakat yang ingin mengakses informasi tertentu tinggal memilih data yang dibutuhkannya. Sedangkan informasi lain yang tidak dibutuhkan bisa di sembunyikan. Prinsip dasar dalam pemetaan bisa diaplikasikan dalam menampilkan informasi-informasi lain yang sekiranya bisa berguna seperti lokasi tempat makan, lokasi ATM, lokasi WC umum, lokasi kantor pemerintah maupun lokasi tempat peribadatan. Semua ini sudah tersedia di internet, tinggal permasalahan penampilan informasi tersebut agar semua orang bisa mengerti.

Usaha online ini menyediakan tampilan yang menarik dan mudah dimengerti bahkan oleh anak di bawah usia 10 tahun agar pengguna bisa dengan mudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga penjelasan singkat diatas bisa di pahami dan semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *