You are here: Home / Bisnis / Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Perkembangan perekonomian yang semakin cepat seiring berjalannya waktu, kian membuat masyarakat menjadi perlu memutar otaknya untuk bisa bertahan hidup dengan mencari penghasilan tambahan yang terkadang perlu dilakukan sambil melakukan pekerjaan utama yang mereka miliki. Namun, sebagian orang akan merasa cukup dengan hanya satu pekerjaan. Itu merupakan pilihan yang mereka bisa ambil. Bagi mereka yang berminat untuk melakukan usaha modal kecil dan bisa dilakukan pada saat mereka sedang bekerja maka bisnis online adalah pilihan yang mereka bisa ambil. Ada pula yang memilih untuk investasi pada suatu usaha yang dilakukan oleh orang lain dan pada waktu yang ditentukan maka keuntungan yang di sepakati akan di berikan kepada investor. Masih banyak pilihan lain yang bisa disepakati atau dipilih oleh para investor namun kedua hal tersebut adalah yang paling banyak dipilih.

Apa saja yang bisa dijadikan usaha modal kecil namun bisa menguntungkan? Usaha makanan yang menjadi pilihan utama, karena semua orang butuh makan. Namun tentu perlu di perhatikan mengenai kualitas makanan yang di perjualbelikan dan kualitas pelayanan yang diberikan karena kedua hal tersebut akan sangat berpengaruh bagi proses penjualan. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana modal untuk usaha tak membengkak dan akan merugikan rekan-rekan. Kita ambil contoh usaha catering. Tanpa modal besar, dan cukup pengetahuan mengenai manajemen dan sedikit tentang pemasaran, maka usaha tersebut bisa dilakukan. Selain usaha makanan tentu perlu usaha lain yang sekiranya bisa dilakukan. Antara lain adalah usaha berjualan perjalanan atau trip menuju destinasi wisata yang kini menjadi salah satu tren yang sedang meningkat dan menjadi salah satu usaha yang sedang didukung oleh pemerintah. Pariwisata negara ini kian menjadi komoditi yang menarik perhatian bagi turis lokal maupun mancanegara.

Selain sektor makanan dan pariwisata, masih banyak usaha lain yang bisa di lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan usaha modal kecil.  Dengan memanfaatkan kemampuan yang ada dan peralatan yang ada, begitu banyak hal yang bisa kita lakukan. Kita ambil contoh sebagai seorang penulis, dengan modal laptop atau smartphone, maka rekan-rekan bisa menjadi bekerja sebagai freelance writer, seorang influencer, seorang photographer atau sebagai editor dan juga sebagai penerjemah. Masih banyak pilihan lain yang bisa dilakukan namun kembali kepada rekan-rekan yang menjalankan dan memilih bekerja sebagai apa. Bermodalkan dengan pengetahuan dan kemauan untuk berkembang dan belajar dari siapapun dan dimana pun, tentu itu sudah cukup menjadi modal untuk berkegiatan dan berusaha.

Dengan mengetahui kemampuan dan pengetahuan, hal itu sudah menjadi modal untuk usaha modal kecil yang bisa dikembangkan dan dijalankan sebagai usaha utama atau pun usaha sampingan. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *