You are here: Home / Bisnis / Usaha Modal Kecil Bagi Pemula yang Ingin Meminimalisir Resiko Kerugian

Usaha Modal Kecil Bagi Pemula yang Ingin Meminimalisir Resiko Kerugian

Belakangan ini bisnis menjadi salah satu pilihan untuk para generasi muda dalam mencari penghasilan. Banyak anak muda yang telah sukses meski di usianya yang masih menginjak dua puluh tahunan menjadikan motivasi tersendiri untuk anak muda lainnya yang baru akan meniti jalan menjadi seorang pengusaha. Namun ketakutan akan kegagalan pastilah selalu ada yang bisa mengakibatkan resiko kerugian yang tidak kecil. Itulah mengapa memulai sebuah bisnis dengan usaha modal kecil bisa jadi langkah untuk meminimalisirnya.

Banyak sekali pandangan dimana bisnis hanya bisa berjalan sukses ketika didanai dengan permodalan yang kuat dan besar. Padahal pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Lihat saja bisnis lainnya yang sudah besar dan terkena, jika di runtut sejarahnya maka dimulai dari bisnis kecil-kecilan saja. Anda pun juga bisa mengikuti kesuksesan para pengusaha tersebut dengan berbisnis minim resiko berikut ini:

  • Bisnis pulsa

Mengumpulkan recehan dari bisnis pulsa bisa menjadi langkah awal untuk memulai bisnis Anda. Tak butuh modal banyak karena bisnis pulsa termasuk dalam usaha modal kecil yang bisa Anda jalankan. Modalnya hanya berupa ponsel jadul dan juga kuota untuk pulsa yang tidak seberapa besar. Nantinya jika bisnis berkembang dan banyak pembeli, maka Anda bisa melanjutkan untuk membuka konter dan lain sebagainya.

  • Bisnis kuliner

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya. Hal ini tentu karena manusia yang hidup semuanya butuh makan. Bagi pemilik modal besar mungkin bisa membangun restoran, namun untuk pemilik modal pas-pasan tidak perlu khawatir karena tetap bisa menjalankan usaha ini dengan membuat kue atau makanan lalu dijual ke warung-warung. Jika tidak pun, Anda bisa membuat katering kecil-kecilan dan dipromosikan ke Ibu pengajian atau sekitaran yang membutuhkan.

Baca Juga: Rahasia Sukses Menjalankan Usaha Modal Kecil

  • Jasa ketik

Hampir semua jenis dokumen kini wajib untuk diketik memakai komputer. Dokumen ini pun beragam mulai dari dokumen sekolah, kampus hingga yang berhubungan dengan pekerjaan. Anda hanya bermodal laptop atau PC Anda saja untuk bisa membuka jasa ketik ini. Tawarkan kepada teman atau kepada orang yang sekiranya membutuhkan jasa Anda.

  • Bisnis jasa les privat

Berbisnis tak melulu bermodal uang saja, Anda juga bisa bermodalkan dengan pendidikan Anda, misalnya saja dengan memberikan jasa les privat untuk anak-anak sekolah. Hanya butuh kecerdasan Anda dan waktu saja bukan?

Itulah beberapa jenis usaha modal kecil yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan atau justru sebagai pekerjaan utama. Memulai usaha kecil juga merupakan hal berat, namun jangan sampai Anda menyerah dan berhenti di tengah jalan karena kesuksesan ada pada mereka yang mau terus berusaha ketika orang lain sudah menyerah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *