You are here: Home / Bisnis / Tips Tepat yang Bisa Diterapkan untuk Memulai Bisnis Makanan Agar Cepat Sukses
Tips Tepat yang Bisa Diterapkan untuk Memulai Bisnis Makanan Agar Cepat Sukses

Tips Tepat yang Bisa Diterapkan untuk Memulai Bisnis Makanan Agar Cepat Sukses

Bisnis makanan merupakan usaha yang saat ini banyak digemari oleh berbagai kalangan, terutama jika menjual makanan di rumah sendiri seperti membuka kedai makan atau angkringan. Biasanya ini tidak membutuhkan tempat yang dingin atau mewah hanya kursi plastik yang berjejer dengan meja kayu dengan lauk pauk dan sayur yang banyak dengan harga murah dan meriah. Hal ini sangat banyak ditemui terutama pada pagi hari dimana para pekerja yang belum sempat sarapan akan memilih makan di tempat makanan seperti ini karena tidak perlu takut mahal, atau terlambat ataupun tidak enak karena makanannya dibuat dengan hangat,

Tips Tepat yang Bisa Diterapkan untuk Memulai Bisnis Makanan Agar Cepat Sukses

Cara memulai bisnis ini pun perlu memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini diantaranya:

  • Persiapkan modal usaha, modal usaha adalah hal yang paling untuk memulai sebuah usaha. Usahakan menyediakan modal dari jauh-jauh hari sebelum membuka usaha supaya tidak menabur utang dimana-mana.
  • Pilih lokasi strategis bisnis ini akan dijalankan, bisa di rumah kompleks, dekat kantor, dekat dengan sekolahan atau dekat dengan pasar dengan target pelanggan penduduk sekitar yang melakukan kegiatan.
  • Pilih menu andalan atau menu khas tempat makan supaya tempat makan memiliki ciri khas tersendiri ketika konsumen datang, sehingga konsumen dapat memilih menu yang paling enak di tempat makan tersebut.
  • Tentukan pemasok bahan makanan secara tetap sehingga harganya tetap terjangkau dan mendapat diskon jika sudah alam berlangganan disana.

Baca Juga:Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ditahun 2018

Beberapa cara diatas sangat perlu diperhatikan bagi pebisnis makanan yang baru terutama jika ingin memperluas bisnisnya. Selain itu juga bisnis makanan tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang cukup dari segi yang memasak makanan, mengecek pasokan bahan makanan, mengantar makanan hingga kasir untuk pembayaran makanan. Lakukan promosi dengan brosur dan media sosial untuk memperluas jaringan komunikasi bisnis yang sedang dibuka, pastikan menggunakan nama yang menarik dengan penawaran harga yang menarik pula sehingga pelanggan akan memilih tempat tersebut sebagai rekomendasi tempat makanan yang paling baik.

Berikut ide bisnis untuk makanan yang sedang hits saat ini dengan berbagai target pelanggan yang banyak diantaranya:

  • Tahu bulat, tahu bulat yang digoreng diatas pick up dengan tambahan sotong, dijual dengan harga murah.
  • Takoyaki, makanan khas Jepang ini menjadi makanan sejuta umat pecinta makanan Jepang dari berbagai kalangan.
  • Cilok, jajanan yang disukai oleh anak kecil.
  • Pempek khas Palembang disukai oleh banyak orang.

Selain ide diatas, ada juga cireng yang dijual dengan 500 rupiah sebagai peluang bisnis makanan saat ini. Beberapa pebisnis juga mencoba untuk membuat inovasi martabak, ada martabak mini, martabak sumo dengan ukuran besar, ada juga martabak dengan berbagai varian rasa di tiap potongannya. Apapun bisnis yang akan dijalankan haruslah disertakan niat dan passion supaya usaha yang dilakukan dapat meraup keuntungan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *