You are here: Home / Bisnis / Tips Sukses Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Bagi Pemula
Tips Sukses Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Bagi Pemula

Tips Sukses Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Bagi Pemula

Banyak latar belakang seseorang memutuskan berkecimpung di dunia bisnis. Contohnya seperti meneruskan bisnis orang tua yang telah berjalan selama puluhan tahun. Anak yang meneruskan bisnis orang tua tak perlu repot mencari mata rantai transaksi. Hal yang perlu diperhatikan ialah mempertahankan relasi dengan baik. Tetapi, bisnis tak hanya dapat dimulai dari meneruskan usaha orang tua. Banyak pebisnis yang mulai merintis bisnis dari minat dan hobi seperti bisnis kerajinan tangan.

Tips Sukses Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Bagi Pemula

Bisnis kerajinan tangan adalah bisnis yang dirintis dari hobi. Bisnis ini adalah bisnis yang cukup pesat berkembang di Indonesia. Meskipun bukan menjadi kebutuhan pokok, tetapi industri kreatif ini semakin maju dan memperoleh banyak permintaan seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat. Namun, mengembangkan bisnis ini tidak selalu semudah seperti yang kita duga. Banyak tantangan serta kendala khususnya dalam mengembangkan bisnis. Ada beberapa tips sukses yang dapat diterapkan ketika ingin mengembangkan bisnis di bidang ini.

  • Utamakan Inovasi

Ketika mengembangkan bisnis kerajinan tangan ini, Anda harus menyadari jika inovasi adalah ha yang tidak boleh disepelekan saat mengembangkan produk. Tanpa inovasi, kita tak bisa bersaing. Bukan hanya dengan produk kerajinan sejenis, dengan produk yang berasal dari luar negeri pun kita sulit bersaing. Para pelaku usaha harus selalu siap sedia bersaing untuk menciptakan sebuah inovasi baru. Mengenai jenis inovasi yang bisa dibuat, kita dapat memulai dari bahan, bentuk, kualitas dan pemasaran yang dijalankan.

  • Angkat Ciri Khas Daerah

Tips lain yang bisa diterapkan saat mengembangkan bisnis kerajinan tangan ialah mengangkat potensi di lingkungan sekitar. Banyak kisah sukses bisnis yang bermula dari melihat lingkungan sekitar. Bahkan, banyak pula yang berasal dari ide budaya di lingkungan.

Alasan mengapa mengangkat potensi daerah dalam bisnis adalah, keunikan dan nilai khas yang dibawa dalam produk. Setiap daerah di Indonesia dikenal kaya akan budaya dan tradisi masing-masing. Inilah yang kadang diburu wisatawan yang mengunjungi sebuah daerah. Keuntungan lain adalah, dengan mengembangkan produk kerajinan dari daerah, kita memiliki kesempatan memasarkan produk hingga ke luar daerah, bahkan jika produk tersebut unik, kita lebih mudah mendapatkan pasar mandiri.

  • Terus Memperluas Wawasan

Anda yang menjadi pelaku bisnis kerajinan tangan harus secara terus mengupdate pengetahuan dan jaringan bisnis sehingga tak akan kalah bersaing dengan pebisnis lain. Anda bisa bergabung dengan komunitas pengrajin. Komunitas pengrajin bisa dari lingkup lokal atau wilayah yang luas. Biasanya, kelompok pengrajin secara rutin menyelenggarakan pertemuan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para anggotanya.

Beberapa tips di atas dapat Anda terapkan sehingga bisnis kerajinan tangan yang dikembangkan dapat berjalan dengan sukses, utamanya untuk pelaku usaha kecil, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kesuksesan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *