You are here: Home / Bisnis / Tips Memulai Bisnis Properti dari Nol

Tips Memulai Bisnis Properti dari Nol

Tidak semua orang berani memilih bisnis properti karena dianggap harus punya modal besar. Tetapi ternyata, hal ini tidak sepenuhnya benar. Anda bisa tetap memilih melakukan bisnis properti meski tidak punya modal besar. Berikut ini tips memulai bisnis properti dari nol.

Mulai dari Diri Sendiri

Mulailah dari nol, dari diri sendiri. Sebelum benar-benar terjun ke bisnis properti, perlu bagi Anda untuk menyadari lebih dulu potensi yang Anda miliki. Anda akan belajar bagaimana cara memulai usaha, mengatasi setiap kegagalan dan tentunya saat Anda sukses, perasaan puas itu tidak ada tandingannya.

Dimulai dari Lingkungan Anda

Orang yang sukses dalam bisnis biasanya adalah mereka yang peduli pada lingkungan, peka terhadap kebutuhan serta mampu mengubah kebutuhan atau kelemahan itu jadi peluang.

Jika Anda ingin terjun ke bisnis properti, maka mulailah dari sekitar Anda. Mulailah dari menawarkan bantuan bagi orang-orang di sekitar untuk mencarikan rumah dan bangunan, atau menawarkan ‘produk’ pada orang-orang di sekitar Anda. Rajin-rajinlah mencari informasi soal peluang jual dan beli properti di sekeliling Anda.

Rajin Melihat Iklan

Sumber ide dalam bisnis salah satunya dari iklan. Dengan cara ini, Anda akan tahu apa yang sedang dibutuhkan onsumen atau patokan harga yang beredar di pasaran. Ini akan membantu Anda memahami benar bisnis yang akan Anda mulai ini.

Mencari Calon Penjual

Pembeli tentu butuh penjual. Setelah mendapatkan calon pembeli, tugas Anda berikutnya adalah mencarikan calon penjual. Karena itu, perlu bagi Anda untuk sering-sering datang ke lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan. Pelajari minat konsumen/ pembeli dan berikan tawaran yang sesuai dengan minat mereka.

Tawarkan Kerjasama

Setelah mendapatkan pembeli dan penjual, maka Anda bisa memulai menawarkan kerjasama. Untuk menunjukkan Anda profesional, buat tawaran kerjasama ini di atas kertas. Dapatkan informasi pendukung yang diperlukan.

Keahlian marketing penting dilakukan di sini. Anda perlu tahu bagaimana cara memuaskan pembeli sesuai keinginannya maupun membuat penjual mendapatkan keuntungan. Tentu tidak melupakan keuntungan untuk diri Anda juga.

Website dan Media Sosial untuk Promosi

Di masa internet seperti saat ini, peran website dan media sosial sangatlah penting. Tanpa promosi yang tepat, mustahil Anda bisa mendapatkan konsumen dan bisnis bisa berjalan dengan baik. Pemasaran lewat online akan memperluas jaringan Anda sehingga pembeli dari luar pulau pun dapat melihat properti yang Anda tawarkan.

Ciptakan Merek Usaha

Merk ibarat nama Anda. Agar tampak profesional dan terpercaya, pastikan Anda memilih merek usaha yang menarik, mudah diingat serta mudah ditemukan.  Pastikan Anda sudah mendaftarkan nama tersebut secara hukum agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Pembeli dan penjual biasanya jauh lebih percaya pada penyedia layanan jasa yang sudah memiliki nama serta terbukti manfaatnya bagi mereka.

Sisihkan Keuntungan

Pastikan Anda selalu menyisihkan keuntangan dari komisi yang Anda dapat. Nantinya, uang ini bisa digunakan untuk investasi lain. Intinya, uang yang Anda miliki akan terus berputar.

Mencari Karyawan

Karyawan dibutuhkan jika usaha makin berkembang. Dalam memilih karyawan, pilihkan yang benar-benar kompeten dalam bidangnya, untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dalam bisnis Anda. Pengalaman akan mengajarkan, jenis karyawan seperti apa yang memang cocok untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *