You are here: Home / Bisnis / Tips Membuka Bisnis Elektronik Bagi Pemula
Tips Membuka Bisnis Elektronik Bagi Pemula

Tips Membuka Bisnis Elektronik Bagi Pemula

Salah satu faktor yang menentukan sebuah keberhasilan ketika membuka bisnis adalah pemilihan jenis bisnis yang akan dijalani. Apabila akan berjualan produk yang banyak diminati pasaran maka hal tersebut menjadi sebuah modal awal. Sebaliknya apabila menjual produk yang tidak diminati pasaran maka bisnis tersebut akan sulit berkembang atau malah akan segera gulung tikar dalam waktu dekat. Pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan? Oleh karena itu Anda bisa mengikuti tips membuka usaha bisnis elektronik bagi pemula agar dapat bersaing:

Tips Membuka Bisnis Elektronik Bagi Pemula

Menentukan Jenis Produk

Ada berbagai macam produk elektronik yang berkembang di masyarakat. Oleh karena itu Anda harus menentukan produk elektronik mana yang akan ditekuni menjadi sebuah bisnis elektronik. Pilihlah barang-barang atau produk-produk yang sedang booming dan laris manis di pasaran. Jangan kebalikannya memilih produk yang sepi peminat sebagai sebuah mata pencaharian. Karena hal tersebut akan sangat sulit dan membahayakan keberlangsungan hidup Anda sendiri.

Mempersiapkan Modal

Ketika Anda akan membuka suatu bisnis usaha apakah yang harus dimiliki pertama kalinya? Jawabannya adalah modal. Apabila tidak memiliki modal maka keinginan untuk membuka bisnis tersebut hanya akan menjadi angan-angan belaka. Termasuk dalam hal bisnis elektronik Anda harus mempersiapkan modalnya terlebih dahulu. Seberapa banyak modal yang dibutuhkan tergantung dari seberapa banyak produk atau barang yang akan dijual. Semakin banyak dan semakin variasi produk yang dijual makan modal yang dibutuhkan pun akan semakin besar.

Apabila ingin memperoleh modal dalam jumlah yang besar sebaiknya Anda membuat proposal pengajuan modal untuk usaha elektronik. Kemudian menyalurkan proposal tersebut ke sanak saudara ataupun investor. Apabila masih belum menemukan solusi sebaiknya ajukan pinjaman ke lembaga perbankan yaitu bank.

Promosi

Apabila modal sudah berada di tangan dan Anda sudah membuka bisnis elektronik yang diidam-idamkan selama ini. Langkah terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan promosi. Perlu diingat bahwa memulai segala sesuatu akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan mempertahankannya. Membuka bisnis atau usaha dalam bidang apapun sangatlah mudah, semua orang dapat melakukannya namun hanya segelintir orang yang mampu berjuang mempertahankan bisnis ataupun usaha yang sudah dirintis. Oleh karena itu Anda harus gencar melakukan promosi baik di media cetak maupun media elektronik. Manfaatkan jejaring sosial sebagai wadah untuk promosi.

Ciptakan Keunikan

Persaingan bisnis dalam berbagai hal sangatlah ketat sehingga harus pintar-pintar dalam mencari “mangsa”. Ciptakanlah sebuah tren baru yang berbeda daripada perusahaan atau toko elektronik lainnya dengan hal-hal unik. Seperti pada pelayanan ataupun fasilitas yang ditawarkan. Seperti boleh mencoba dulu barang yang akan dibeli selama kurun waktu yang ditentukan. Namun harus dengan catatan apabila barang mengalami kerusakan maka calon pembeli harus membayarnya karena merusak adalah membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *