You are here: Home / Bisnis / Tips Melakukan Bisnis Kuliner via Medsos
Tips Melakukan Bisnis Kuliner via Medsos

Tips Melakukan Bisnis Kuliner via Medsos

Siapa bilang media sosial hanya bisa digunakan untuk memajang foto jalan-jalan, OOTD dan lain sebagainya? Padahal di medsos bisa Anda gunakan untuk pemasaran bisnis kuliner yang sedang dijalani. Namun ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi jika ingin memasarkan kuliner Anda di medsos, diantaranya yaitu:

Tips Melakukan Bisnis Kuliner via Medsos

Konsep yang menarik

Tidak peduli apapun jenis bisnis yang Anda gagas, entah itu bisnis kuliner, bisnis fashion dan lain sebagainya, hal utama yang harus dilakukan untuk memulainya adalah memikirkan dengan baik konsep dari bisnis tersebut. Konsep yang digagas pun tidak boleh sembarangan, namun juga harus menarik karena ada banyaknya pesaing yang akan dihadapi nantinya. Apabila Anda memulai usaha kuliner, maka konsep makanan yang Anda tawarkan harus membuat para konsumen jadi penasaran dengan makanan tersebut.

Pikirkan Brand

Langkah selanjutnya setelah Anda menemukan konsep bisnis kuliner adalah membuat brand. Penting bagi Anda untuk membuat merek yang akan menggambarkan identitas dan juga produk Anda. Buatlah sebuah desain dan juga nama brand yang unik dan bisa diingat dengan mudah oleh banyak orang. Hal yang sedang menjadi tren saat ini membuat konsep logo yang simpel namun tetap menarik dilihat oleh mata.

Tentukan Target Pasar

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan target pasar dari bisnis kuliner tersebut. Anda harus menentukan secara spesifik mengenai siapa saja yang akan menjadi segmentasi pasar. Contohnya saja, jika Anda ingin berbisnis jual martabak, maka Anda harus membuat promo menari dan juga desain layout yang juga playful.

Gunakan Website

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menggunakan website atau medsos Anda sebagai media promosi. Anda tentunya tahu bahwa media sosial memiliki kekuatan yang besar sebagai media promosi. Sebaiknya, Anda segera memasarkan produk Anda melalui medsos, tak lama setelah memulai bisnis. Selain itu juga, Anda bisa menggunakan website untuk membantu meningkatkan pemasaran produk.

Foto Makanan Harus Menarik!

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menampilkan visual dengan kesan yang menggoda dan memiliki daya tarik tinggi. Itulah sebabnya, Anda harus mengambil gambar dengan kualitas dan juga angle yang bagus. Sehingga hal tersebut akan membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membeli produk makanan Anda.

Tanggap Melayani Konsumen

Hal berikutnya juga tak kalah penting. Memberikan pelayanan terbaik, itu artinya Anda berusaha memberikan kesan yang baik untuk konsumen Anda. Tidak hanya itu, layani mereka dengan penuh keramahan dan kesantunan. Hal itu akan membuat pelanggan menjadi lebih percaya dengan Anda.

Info Produk Makanan yang Jelas

Hal yang satu ini sangat penting, sebab Anda menjual sebuah produk yang tidak bisa dirasakan orang secara langsung. Sehingga memberikan penjelasan yang jelas mengenai produk yang dijual merupakan poin pentingnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *