You are here: Home / Bisnis / Tingkatkan Penjualan Usaha Online Anda dengan Cara Ini!

Tingkatkan Penjualan Usaha Online Anda dengan Cara Ini!

Berkembangnya teknologi masa kini yang sudah tidak dapat dibendung lagi menjadikan gaya hidup manusia pun cenderung berubah. Apabila dulu semua hal cenderung dilakukan secara manual, maka berbeda dengan saat ini dimana hampir segala hal dilakukan secara digital dan menggunakan mesin. Salah satu yang sangat berpengaruh adalah dari aktivitas jual beli dimana kini usaha online berkembang begitu pesat dengan jutaan jenis produk yang tersedia di dunia maya.

Jika dulu bisnis online kerapkali dianggap sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan saja, maka berbeda dengan saat ini dimana bisnis online sudah tidak bisa disepelekan lagi. Banyak sekali pengusaha online yang sudah menuai kesuksesan dari berbisnis di dunia maya ini. Memang kompetisi di dunia maya ini begitu ketat saat ini seiring dengan banyaknya toko online yang tersedia, namun Anda tetap bisa meningkatkan penjualan di usaha online Anda dengan cara berikut ini:

  • Mendapat pelanggan baru

Dapatkan pelanggan baru terus menerus sehingga penjualan Anda tetap stabil dan meningkat dengan cara:

  • Carilah penjual secara reseller untuk produk jualan Anda. Berikan komisi atau tawarkan harga produk kepada mereka dengan harga lebih miring sehingga mereka tertarik.
  • Tingkatkan juga dari segi iklan mulai dari iklan media cetak, content ads hingga pay per click.
  • Memanfaatkan sosial media untuk membuat undian atau kontes akan sangat mampu menjaring pelanggan baru.
  • Target pasar yang baru

Untuk target pasar yang baru, maka Anda harus mengincar konsumen yang belum mengenal terkait produk jualan Anda, misalnya:

Baca Juga: Jenis-Jenis Usaha Online Yang Bisa Dikerjakan Di Manapun

  • Pasaran di luar negeri. Untuk menjangkaunya, ikutlah ke dalam lokalisasi website ke ragam bahasa dan bisa juga dengan mengikutkan iklan melalui sosial media di negara lain.
  • Apabila biasanya penjualan produk hanya berlaku secara ecer, maka buka juga kesempatan kepada mereka yang ingin membeli secara grosir.
  • Jangan lewatkan kesempatan untuk menjual melalui e-commerce di dunia sehingga produk semakin dikenal.
  • Menjual lebih banyak ke pelanggan lama

Selanjutnya adalah menjaga loyalitas pelanggan sehingga mereka tetap mau untuk membeli lebih banyak dari toko Anda. Berikut ini strateginya:

  • Berpromosi secara agresif melalui email dan lain sebagainya kepada pelanggan lama.
  • Buat program khusus pelanggan lama misalnya memberikan hadiah atau potongan harga khusus setelah membeli di toko Anda beberapa kali.
  • Berikan penawaran khusus kepada pelanggan lama sehingga mereka tidak bosan untuk melihat ke toko online Anda.

Itulah beberapa cara agar Anda tetap bisa meningkatkan penjualan di usaha online yang sedang Anda jalani. Jangan lupa untuk selalu merespon cepat setiap pelanggan yang bertanya dan menyampaikan keluhan sehingga mereka merasa diperhatikan dan dihargai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *