You are here: Home / Bisnis / Sukses Bisnis Takjil Saat Ramadhan dengan 4 Tips Ini!
Sukses Bisnis Takjil Saat Ramadhan dengan 4 Tips Ini!

Sukses Bisnis Takjil Saat Ramadhan dengan 4 Tips Ini!

Bisnis dadakan terbilang cukup banyak di bulan Ramadhan, dan salah satunya adalah bisnis takjil yang banyak diserbu umat muslim. Takjil sendiri diartikan sebagai makanan pembuka saat menjalankan ibadah puasa dan identik dengan makanan yang ringan namun punya cita rasa manis. Anda bisa menemukan takjil dari kuliner tradisional seperti kolak, dawet, kue klepon, dan aneka kue manis lainnya. Saat berkeinginan mencari modal untuk mudik Anda bisa mencoba peruntungan berjualan takjil sepanjang bulan Ramadhan nanti.

Sukses Bisnis Takjil Saat Ramadhan dengan 4 Tips Ini!

Tips Membuka Bisnis Jualan Takjil

Agar modal segera berputar dan memperoleh keuntungan maksimal dari jualan takjil ini usahakan tidak asal berjualan. Melainkan mempraktekkan beberapa tips di bawah ini:

Sediakan menu yang lengkap,

Berjualan takjil akan semakin mudah menjaring pelanggan apabila menyediakan menu atau pilihan yang lengkap. Berhubung modal Anda terbatas maka bisa diakali dengan sistem konsinyasi dari penerimaan titipan jualan pedagang lain. Misal tetangga Anda banyak yang bisa membuat kue tradisional jalin kerjasama dengan mereka untuk menjual hasil dapur mereka. Modalnya kecil namun punya dagangan banyak, sehingga lebih mudah menarik minat pembeli.

Pilih lokasi yang benar,

Kebanyakan pelaku bisnis takjil di bulan Ramadhan ini memilih lokasi strategis di pinggir jalan karena mudah dijangkau dan mudah dilihat. Hanya saja jangan asal di pinggir jalan melainkan memilih jalan yang banyak dilalui orang, terutama jalur para karyawan pulang kerja. Kemudian pilih yang lokasinya bersih sebab Anda menjual makanan jadi jauhi lokasi yang dekat dengan pintu air got karena dijamin bau. Saat cermat dalam memilih lokasi berjualan takjil Anda pun diserbu pelanggan.

Baca Juga : Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

Pilih jam buka yang pas,

Meskipun bulan puasa banyak orang memilih menikmati takjil namun bukan berarti bisa dijual kapan saja. Jangan sampai menggelar dagangan saat hari masih terik, sebab jam buka masih lama dan Anda hanya menunggu pembeli sambil kepanasan tanpa hasil. Pun sebaliknya usahakan jangan menjajakan dagangan terlalu mahal disaat semua umat muslim sudah kenyang berbuka. Idealnya dagangan takjil ini bisa Anda buka dari selesai Ashar sampai menjelang sholat Isya, sehingga memudahkan Anda mendapatkan pembeli yang berminat.

Berikan harga yang menarik perhatian,

Dalam berbisnis sebenarnya rumusnya sederhana, usahakan memberi harga yang menarik jadi jangan fokus mencari untung banyak. Pilih jajanan yang memang disukai banyak orang dan dari semua kalangan lalu dijual dengan harga ekonomis. Sebab pembeli akan kabur jika mendapati dagangan takjil Anda mahalnya mengalahkan takjil yang dijual di mall-mall besar. Sekalipun dijual murah namun Anda dipastikan tetap untung tentunya setelah memperhitungkan selisih saat membeli dan menjualnya. Kalau memberi harga menarik bisnis takjil akan lancar jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *