You are here: Home / Bisnis / Strategi Marketing Bisnis Restoran

Strategi Marketing Bisnis Restoran

Berbicara mengenai strategi marketing sebuah restoran, tentunya berkaitan erat dengan kreatifitas yang dimiliki oleh pelaku usahanya. Ada banyak cara atau startegi yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan perhatian dari calon pelanggan.

Lalu, strategi marketing seperti apa yang bisa digunakan oleh pengusaha restoran untuk memasarkan produk restoran agar sukses dan unggul? Berikut ini adalah strategi yang bisa dilakukan untuk memperoleh banyak pelanggan.

  1. Buat Sesuatu yang Berbeda

Untuk sebuah marketing yang baik, tentunya harus membuat sesuatu yang beda agar konsumen memberikan perhatian lebih. Misalnya seperti yang dilakukan oleh restoran ‘Steak Kiloan’ dimana harga steak diukur dari berat daging steak, sehingga konsumen bisa memilih daging seperti apa yang mereka inginkan sesuai dengan kondisi perut dan dompet. Dengan konsep marketing yang unik ini membuat omset restoran ini cukup besar.

  1. Pemasaran Lewat Jejaring Sosial

Ide pemasaran yang unik tak hanya bisa dilakukan di dunia nyata, akan tetapi juga bisa dilakukan di dunia maya lewat media sosial sehingga bisa dijangkau lebih banyak calon konsumen dan tentunya modalnya lebih murah. Misalnya banyak produk-produk ponsel yang memasarkan via media sosial dengan tweet atau video di youtube.   

  1. Brand Ambassador Restoran

Tak bisa dipungkiri bawa brand ambassador bisa menjadi alat promosi yang efektif. Hal ini bisa dilakukan dengan menyewa tokoh atau publik figur. Apabila membayar artis terlalu mahal, bisa dengan menggunakan tokoh sekitar yang memiliki prestasi, seperti duta wisata daerah, atau murid berprestasi nasional dan internasional.

Baca Juga: Bisnis Terkini Affiliate Marketing, Peluang Menjadi Pembisnis Sukses

  1. Libatkan Konsumen

Selain melibatkan tokoh masyarakat untuk menjadi brand ambassador restoran, langsakh selanjutnya adalah dengan melibatkan konsumen agar bisa berperan aktif untuk menjalankan strategi pemasaran. Misalnya bagi konsumen yang sudah menjadi member restoran bisa mengajak berapa orang maka di restoran akan mendapatkan diskon atau harga khusus. Hal ini bisa diartikan sebagai melibatkan konsumen dalam pemasaran restoran.

  1. Pemberian Diskon

Siapa yang tak suka dengan diskon? Hampir setiap orang tentunya suka akan diskon. Pemberian diskon ini akan menarik pelanggan untuk datang ke restoran. Pemberian diskon pun bisa dilakukan secara kreatif. Misalnya seperti yang dilakukan oleh restoran ‘Super Penyet’ dimana memberikan diskon dengan mengambil rata-rata berat badan pengunjung yang datang. Apabila pengunjung datang berlima, maka dihitung berat badan rata-rata lima orang tersebut. Jika setelah ditimbang berat badan rata-rata mereka adalah 76 kilogram, maka mereka akan mendapatkan diskon sebanyak 76 %. Hal ini tentunya menggiurkan bukan? Selain bisa mengajak pengunjung untuk datang dengan banyak orang, pengunjung bisa memperoleh diskon.

Itulah tips dalam melakukan strategi marketing untuk sebuah restoran. Pada intinya adalah harus mau berinovasi dan melakukan hal-hal baru dalam pemasaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *