You are here: Home / Bisnis / Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses
Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses

Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses

Meskipun jumlahnya tidak sebanyak jika dibandingkan negara lain, industri kreatif di Indonesia yang mulai tumbuh dan berkembang ini perlu dipertimbangkan. Bagaimana tidak, perusahaan-perusahaan rintisan (startup) kini semakin banyak bermunculan. Perkembangan teknologi dan internet diduga menjadi penyebab bertumbuhnya industri startup di Indonesia. Di sisi lain, kebutuhan manusia yang ingin praktis selalu membuat para kreator tidak kehabisan ide untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang menantang dan mengasah pikiran. Jika Anda tertarik membangun sebuah bisnis startup, sebaiknya ikuti strategi jitu di bawah ini.

Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses

Menggali Informasi Sebanyak Mungkin

Salah satu kelebihan seorang founder memang terletak dari banyaknya informasi yang ia punya. Mulai dari informasi keadaan ekonomi, bahkan hingga informasi dari pengalaman para founder bisnis startup yang sudah sukses. Anda bisa memulai pencarian di situs-situs yang membahas seluk-beluk startup, dan tentu kualifikasi apa saja yang harus dipenuhi.

Bergabung di Berbagai Komunitas Startup

Untuk menunjang kebutuhan akan informasi, Anda bisa bergabung dengan komunitas atau organisasi tertentu untuk mendapatkan banyak masukan. Akan ada banyak sekali pengalaman dari para senior yang sudah sukses di bidang startup. Inilah yang akan memberi manfaat untuk berkembang dan bahkan maju menjadi seorang professional. Selain itu, menggunakan komunitas sebagai ajang promosi adalah cara yang efektif. Dengan begitu Anda mungkin akan menemukan partner berbisnis yang sesuai dengan visi misi Anda.

Memanfaatkan Media atau Teknologi

Sebagai media terbesar saat ini, internet memberikan segala jenis informasi. Anda bisa menggunakan media ini untuk mempromosikan diri dan keahlian Anda. Dengan begitu karir startup bisa melejit menjadi professional dan makin dikenal banyak orang. Selain internet, Anda juga harus tetap merambah media cetak dan media sosial lainnya untuk memperluas jaringan.

Mengikuti Kegiatan Diskusi Startup

Untuk mengetahui potensi diri, tidak ada salahnya untuk ikut andil dalam sebuah diskusi bisnis startup. Acara diskusi ini bisa sangat menguntungkan karena Anda akan banyak belajar banyak hal baru dan tentunya pengetahuan yang baru juga. Biasanya dalam acara ini akan datang seorang founder startup yang sudah sukses di bidangnya. Seorang professional tentu tidak akan lupa untuk memberikan tips dalam pengembangan bisnisnya.

Kemungkinan Startup Menjadi Profesional

Mungkin Anda pernah berpikir tentang peluang menjadi sukses dan professional. Hal ini terkadang seakan sulit untuk dicapai mengingat saingan yang cukup ketat. Sebuah bisnis startup belum tentu mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Inilah momok utama yang sering dihadapi. Namun, tidak perlu khawatir karena semua berawal dari yang kecil dan dari level terbawah. Yang harus Anda punyai adalah motivasi kuat yang tidak mudah patah oleh rintangan kecil. Anda bisa bergabung dengan organisasi, komunitas, atau seminar syang membahas startup. Dari sinilah pengalaman di dapat. Meski tidak dialami sendiri, setidaknya ada pelajaran yang bisa diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *