You are here: Home / Bisnis / Ragam Marketing untuk Bisnis Online yang Perlu Diketahui

Ragam Marketing untuk Bisnis Online yang Perlu Diketahui

Saat ini, berbisnis tidak bisa mengandalkan cara konvensional karena Anda juga harus melakukan pemasaran dan penjualan dengan memanfaatkan internet. Bisnis online bisa dilakukan dengan menggunakan sosial media, online shop atau dengan menggunakan marketplace. Untuk pemasaran atau marketing secara online, terdapat beberapa jenis marketing yang bisa Anda pertimbangkan dan aplikasikan agar bisnis yang dijalankan secara online tersebut bisa berjalan dengan baik.

Pertama adalah content marketing. Cara pemasaran jenis ini bermanfaat atau bertujuan untuk menarik calon konsumen yang dilakukan dengan cara memberi informasi yang dicari oleh konsumen atau pengguna internet. Informasi yang dapat Anda sediakan tersebut bisa berupa artikel, hasil riset, video atau yang lainnya, info tersebut harus berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya jika Anda menyediakan beragam produk mengenai kesehatan, maka Anda harus menyediakan info tentang kesehatan.

Kedua adalah mobile marketing. Saat ini hampir sebagian besar masyarakat menggunakan perangkat mobile sehingga mau tidak mau bisnis online Anda yang menggunakan online shop sendiri harus mengubah website tersebut menjadi mobile friendly. Tujuannya adalah agar konsumen yang menggunakan mobile seperti tablet atau smartphone bisa mengakses online shop Anda dengan mudah sehingga resiko peningkatan penjualan akan menjadi lebih tinggi karena rata-rata jumlah konsumen yang membeli lewat mobile sekitar 30-40%.

Ketiga adalah continuous marketing dengan menggunakan media sosial. Saat ini Anda bisa menggunakan media pemasaran gratis dan berbayar untuk memaksimalkan online shop yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan marketplace, maka Anda tidak perlu khawatir sebab marketplace sebagian besar sudah diatur agar website tersebut bisa dikenal lebih oleh masyarakat menggunakan produk iklan dari beberapa platform misalnya dari Google. Iklan yang ditayangkan lewat media tersebut bisa di analisa seperti iklan atau campaign mana yang tepat untuk bisnis Anda dan kapan waktu yang tepat untuk memutar atau mengiklankan bisnis Anda sehingga tidak dianggap spam dan lebih efisien tidak hanya waktu namun juga biaya yang dikeluarkan.

Jenis marketing lainnya yang bisa Anda pilih untuk bisnis online Anda adalah:

  • Integrated digital marketing dengan memanfaatkan serta menyatu rak segala komponen dari sumber daya digital yang Anda. Misalnya menggabungkan antara blog, campaign serta media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas sehingga pemasaran lebih maksimal.
  • Visual marketing seperti video yang terpasang atau lewat gambar yang di upload di media sosial yang dapat mengajak orang yang melihat iklan tersebut untuk melakukan tindakan.
  • Personalized marketing atau one to one marketing. Jenis pemasaran tersebut adalah marketing yang mengedepankan konsumen secara personal itu unik karena konsumen tersebut berbeda. Misalnya Anda melakukan pemasaran berdasarkan pada umur, jenis kelamin, aktivitas dari konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *