You are here: Home / Bisnis / Ragam Bisnis Online Bagi Pemula

Ragam Bisnis Online Bagi Pemula

Perkembangan internet yang pesat memang menjadi salah satu faktor pendorong tingginya minat seseorang untuk memulai bisnis online. Sebenarnya, ada beragam jenis bisnis di dunia maya yang bisa menjadi pilihan untuk pemula, yaitu sebagai berikut:

  1. Membangun Blog atau Website

Langkah paling mudah ketika ingin membangun bisnis online adalah membuat blog atau website yang berisikan topik tertentu yang memiliki manfaat untuk audiens. Buat blog yang berkaitan dengan keahlian dan hobi, sehingga akan banyak orang yang memiliki hobi atau keahlian tersebut akan datang berkunjung.

Sesudah blog atau website mempunyai pengunjung yang banyak, maka selanjutnya bisa memonetisasi blog dengan beragam cara, seperti dengan memasang iklan, bisa iklan afiliasi, iklan produk sendiri, iklan PPC Google Adsense, dan lain sebagainya. Dengan memiliki sebuah blog profesional, tentu nantinya akan bisa memberikan keuntungan dari beragam jenis monetisasi.

  1. Membangun Toko Online

Membangun toko online adalah salah satu bisnis yang paling banyak dilakukan di dunia maya. Meski berupa toko online, akan tetapi yang dijual tetaplah produk fisik, caranya adalah dengan memajang produk di toko online kemudian mempromosikannya ke berbagai media online. Apabila tidak memiliki produk sendiri pun masih bisa berjualan online dengan cara dropship dari produk orang lain. Apabila menjalani toko online sebagai dropshipper, tidak perlu memusingkan tentang pengadaan barang, packing serta pengiriman barang dan cukup promosi saja. Saat pengiriman pun, kita bisa meminta nama kita/toko online milik kita ditulis sebagai pengirim.

Baca Juga: Tips Bisnis Online Agar Semakin Sukses Dan Dikenal Banyak Orang

  1. Menjual Produk Digital

Apabila memiliki keahlian pada bidang tertentu, maka keahlian ini bisa dimanfaatkan. Misalnya mempunyai keahlian di bidang digital, maka bisa menjual ebook, video, dan lain sebagainya. Bisnis ini memiliki potensi yang besar, apalagi pada zaman digital seperti sekarang ini, yang mana banyak orang menyukai segala hal yang praktis. Produk digital ini biasanya akan banyak diminati di komunitas-komunitas tertentu, seperti komunitas pelaku bisnis daring yang banyak menggunakan e book.

  1. Menjadi Affiliate Marketer

Apabila memiliki blog namun tidak memiliki barang yang dijual, bisa dengan menjadi broker yang menjual barang orang lain atau disebut juga affiliate marketer. Produk yang dijual bisa berupa produk fisik, bisa juga berupa produk digital, sesuaikan dengan blog kita.

  1. Menjadi Penulis Artikel

Penulis artikel adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan dalam dunia digital saat ini, dikarenakan banyak pemilik website yang membutuhkan jasa penulis untuk mengisi konten di situs mereka. Tidak hanya situs besar, akan tetapi situs kecil juga banyak membutuhkan penulis handal.

Itulah ragam bisnis online yang bisa menjadi pilihan bagi para pemula yang ingin merambah bisnis di dunia internet. Pilih yang sesuai minat dan sesuai dengan passion yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *