You are here: Home / Bisnis / PROGRAM TABUNGAN UNTUK PRODUK TERTENTU

PROGRAM TABUNGAN UNTUK PRODUK TERTENTU

Dalam perjalanan bisnis, kita tidak hanya mengenal transaksi jual beli yang umum dilakukan. Anda menjual barang, orang lain akan membeli dan membayarnya. Tapi kita juga akan mengenal program kredit, arisan, deposito, maupun tabungan. Dari keempat program yang ada, program tabungan untuk produk tertentu merupakan program dengan tingkat kepercayaan partner bisnis yang tinggi kepada Anda.

Kenapa dikatakan bahwa program tabungan untuk produk tertentu membutuhkan kepercayaan yang tinggi? Satu sebabnya adalah, program ini biasanya dibuka untuk produk dengan harga tertentu, yaitu harga yang terbilang tinggi menurut partner bisnis Anda. Dan dia mempercayakan uangnya dikumpulkan untuk membeli produk yang diinginkan kepada Anda. Artinya, dia yang melakukan program ini adalah dia yang percaya sekali dengan diri Anda.

Mendapatkan kepercayaan orang lain dalam bisnis itu mudah. Ketika partner Anda belanja produk, Anda hanya perlu memberikan layanan bagus dengan produk yang berkwalitas. Jangka waktunya sangat singkat saat transaksi itu terjadi. Tapi tidak ketika Anda membuka program tabungan untuk produk tertentu. Ada kurun waktu yang cukup lama untuk menjalankan program tersebut.

Ada dua tahapan yang harus Anda siapkan kalau ingin membuka program tabungan untuk produk tertentu kepada partner bisnis Anda.

  • Siapkan rekening khusus untuk program tabungan

Ada baiknya agar tidak tercampur semua uang yang ada, Anda harus memiliki rekening untuk pribadi, uang bisnis, dan uang program tabungan. Pemisahan uang ini harus dilakukan supaya tidak ada pemakaian uang atas kebutuhan yang tidak seharusnya memakai uang tertentu.

Baca Juga:Mencari Peluang Bisnis Bagus Untuk Masa Depan

Contohnya, uang program tabungan tidak diperbolehkan untuk dipakai dalam pembelanjaan atau perputaran uang dalam bisnis Anda. Larangan ini harus diterapkan dari awal, supaya ke depannya ketika memang uang tabungan dari program tabungan selesai, bisa segera diubah dalam bentuk produk tertentu dan bisa segera dikirimkan ke partner bisnis Anda.

Andaikan uang dalam program tabungan itu dipakai untuk memutar bisnis Anda, lalu kurun waktu program tabungan telah selesai, bukankah akan merepotkan untuk Anda? Bukankah personal branding yang sudah Anda bangun akan jatuh menjadi buruk ketika Anda tidak mampu mengganti uang tersebut? Untuk mencegah itu, sebaiknya letakkan uang pada pos-pos yang sudah disediakan.

  • Tentukan produk yang masuk dalam program tabungan

Meskipun partner bisnis Anda menginginkan sebuah produk masuk dalam program tabungan, tapi Anda harus memiliki kebijakan untuk menentukan produk apa yang bisa masuk dalam program tabungan tersebut. Sehingga kalau partner bisnis Anda menginginkan masuk dalam program ini, dia harus mengikuti prosedur yang sudah Anda buat sebelumnya.

Kalau Anda sudah membuat program tabungan untuk produk tertentu, maka Anda sebenarnya sudah membantu partner bisnis Anda mendapatkan produk yang diinginkannya sebagai modal untuk mengembangkan bisnis Anda. Karena tidak semua orang mampu menabung tanpa diambil karena keinginan untuk memenuhi hasrat membeli sebuah barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *