You are here: Home / Bisnis / PROGRAM DEPOSITO DALAM BISNIS

PROGRAM DEPOSITO DALAM BISNIS

Kita mengenal kata deposito sebagai kata yang berkaitan bukan hanya dengan uang, melainkan dengan bank. Tapi kata deposito ini memiliki perluasan makna karena beberapa orang yang berbisnis di bidang barang ataupun jasa, ada yang menggunakan kata ini sebagai salah satu programnya. Atau bisa disebut sebagai program deposito dalam bisnis.

Sama seperti deposito yang kita kenal sebelumnya, seseorang akan menyimpan uang, dalam hal ini, menyimpan uang di bisnis yang sedang Anda lakukan. Uang itu bukan dimaksudkan untuk dijadikan modal bagi bisnis Anda, melainkan hanya sebagai simpanan yang bisa dibelanjakan ketika seseorang melirik salah satu produk yang Anda jual dan disukainya. Dalam bisnis jasa pun demikian, orang tersebut akan menggunakan depositonya ketika dia membutuhkan jasa Anda.

Keuntungan dari program deposito dalam bisnis adalah Anda tidak perlu repot untuk memikirkan uang yang harus Anda bayarkan ketika saat itu memang uang Anda tidak tercukupi untuk membeli barang atau jasa yang Anda butuhkan. Tapi yang harus diingat, bahwa uang deposito tidak boleh kurang dari barang atau jasa yang ingin Anda bayarkan ke pemilik bisnis.

Apakah program deposito dalam bisnis ini memiliki surat hitam di atas putih? Apapun yang terkait dengan kegiatan transaksi jual beli, baik itu barang maupun jasa, memang seharusnya memiliki surat perjanjian. Ini sangat dibutuhkan sebagai bukti, andaikan suatu saat salah satu dari pelaku transaksi melakukan kecurangan. Atau surat ini bisa dijadikan penegasan atas perjanjian kedua belah pihak, sehingga diharapkan tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Baca Juga:Mengenal Definisi Deposito

Lantas apa saja yang harus disiapkan untuk membuka program deposito dalam bisnis yang Anda lakukan?

  • Bisnis Anda lancar

Anda harus meyakinkan kalau bisnis yang Anda jalankan lancar dan terus berputar pemasukan serta pengeluaran produk. Partner bisnis Anda bisa melihat dari banyaknya barang yang Anda jual dan banyaknya orang yang menjadi partner bisnis Anda. Ketika semua ini berjalan, orang akan percaya pada Anda bahwa program deposito yang Anda terapkan berjalan dengan baik.

  • Anda memiliki pembukuan bagus

Bagaimanapun bisnis Anda berjalan dengan lancar, tanpa adanya pembukuan yang bagus, percayalah kalau bisnis Anda akan mati cepat. Karena memang pembukuan merupakan peta yang ditulis tiap saat, lalu bisa Anda lihat kembali perjalanannya untuk mengetahui sejauh mana kelebihan dan kekurangan perjalanan yang sudah Anda lalui. Dengan pembukuan, artinya Anda sudah mempersenjatai bisnis Anda.

  • Kepercayaan antara Anda dan partner bisnis

Yang ketiga ini menyoal apakah Anda percaya dengan partner bisnis Anda dan apakah mereka percaya dengan Anda untuk menyimpan uang dan masuk dalam program deposito dalam bisnis yang Anda lakukan? Kalau memang sudah percaya, maka jangan ragu untuk membuat program tersebut dengan surat perjanjian yang sudah Anda buat.
Program deposito dalam bisnis sebenarnya merupakan program pengikat antara Anda dengan partner bisnis. Ini bisa sangat menguntungkan kalau berjalan dengan baik. Anda patut mengadakan program ini, kalau memang bisnis Anda sudah stabil dan berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *