You are here: Home / Bisnis / Produk Investasi Syariah yang Wajib Anda Tahu

Produk Investasi Syariah yang Wajib Anda Tahu

Investasi syariah saat ini cukup populer di masyarakat. Mayoritas masyarakat Indonesia yang muslim mulai menjadikan cara ini untuk melakukan investasi. Prinsip dasar investasi syariah adalah tidak menzalimi dan tidak dizalimi, pendistribusian kemakmuran yang adil, tak ada unsur riba, transaksi dilakukan dengan dasar rida dan rida, serta tak akan mencari rezeki di hal yang haram. Berikut ini produk investasi syariah yang wajib Anda tahu.

Tabungan dan Deposito

Tabungan dan deposito di investasi syariah dinamakan mudharabah. Cara ini memberikan porsi, nasabah sebagai pemilik modal dan bank sebagai pengelola modal. Keuntungan yang didapat nantinya akan dibagi sesuai dengan nisbah perjanjian antara nasabah dengan bank. Nisbah ini sendiri persentasenya akan tetap berdasarkan ketentuan bank yang disetujui oleh nasabah. Dalam investasi syariah ini, tidak akan ada pemberian bunga berjenjang dan beban biaya administrasi.

Meski demikian, tabungan dan deposito syariah juga tetap dapat diambil dan digunakan seperti halnya tabungan dan deposito konvensional.

Asuransi Syariah

Asuransi adalah perjanjian antara penanggung dan tertanggung yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Prinsip yang membedakan asuransi syariah dan konvensional adalah dana yang terkumpul tetap menjadi hak seluruh peserta asuransi. Premi yang dibayarkan tetap jadi milik nasabah. Artinya, dana yang disetorkan hanyalah dana titipan nasabah yang kemudian dikelola perusahaan asuransi. Hasilnya dibagi sesuai sistem bagi hasil (nisbah) yang sudah disepakati antara nasabah dengan pengelola asuransi.

Reksadana

Reksadana merupakan wadah dan pola pengelolaan dan bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar, dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Memang reksadana konvensional dan syariah sangat mirip. Tetapi dalam prakteknya, reksadana syariah akan dikelola dengan mempertimbangkan keuntungan serta kehalanan produk investasi. Dengan cara ini, hasil investasinya akan bersih dari riba dan unsur lain yang tak halal.

Tabungan Pendidikan

Seperti halnya tabungan syariah pada umumnya, hubungan nasabah dengan bank terikat dengan kesepakatan dan nisbah bagi hasil tertentu. Tetapi, untuk tabungan pendidikan, investasi biasanya menggunakan prinsip mudharabah muthlaqah dengan periode tertentu dan setoran bulanan tertentu pula.

Investasi syariah, seperti halnya investasi konvensional adalah investasi masa depan. Tetapi telah diolah serta dilakukan sesuai dengan syariah Islam. Tujuannya tentu untuk mendapatkan kehidupan dan jaminan yang lebih layak di masa mendatang.

Meski demikian, sebagai muslim, penting bagi Anda untuk tahu dan mengerti benar segala kemudharatan dalam berinvestasi. Investasi syariah bisa menjadi pilihan Anda, untuk selamat dunia dan akhirat. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *