You are here: Home / Bisnis / Perhatikan 4 Cara Berikut Agar Mampu Mengelola Bisnis Modal Kecil

Perhatikan 4 Cara Berikut Agar Mampu Mengelola Bisnis Modal Kecil

Zaman sekarang tidak begitu sulit untuk menjalankan bisnis modal kecil sebab banyak peluang tersaji di depan mata. Asalkan Anda mau memanfaatkan salah satunya maka akan menikmati kesuksesan meski dalam skala kecil di tahap awalnya. Menjalankan bisnis memang tidak bisa dengan kata ‘buru-buru’ wajib sekali untuk bersabar terutama di masa awal bisnis dirintis. Berbekal dengan modal yang jumlahnya terbatas otomatis ruang gerak Anda dalam berbisnis ikut terbatas. Maka perlu dikelola dengan benar dan cermat agar bisa menghasilkan keuntungan maksimal dalam tempo singkat.

Cara Mengelola Bisnis dengan Modal Kecil

Ketika modal yang dimiliki jumlahnya sangat terbatas maka akal dan kecerdasan Anda akan mendominasi tindakan dalam menjalankan bisnis. Supaya terasa mudah dikelola maka simak beberapa cara berikut:

  • Minimalkan pengeluaran bisnis,

Dalam menjalankan bisnis tentu Anda tidak hanya mengeluarkan modal untuk kebutuhan produksi. Bisa jadi ada kebutuhan untuk membeli alat tulis guna mencatat semua arus keluar masuk modal bisnis tersebut. Pengeluaran tentu akan beragam dan Anda wajib sekali untuk menekan pengeluaran tersebut seminimal mungkin agar tidak berpengaruh pada keuangan bisnis.

  • Memproduksi dalam skala kecil,

Kalau modal yang dimiliki sejak awal memang kecil maka dalam menjalankan bisnis pilih cara paling aman. Yakni dengan melakukan produksi skala terbatas dengan maksud menekan keluarnya modal. Produksi minim tentu perlu ditawarkan kepada orang terdekat dulu dan memang pelaku bisnis modal kecil wajib untuk bersabar. Keuntungan skala kecil berkat produksi jumlah terbatas perlu diatur agar bisa meningkatkan skala produksi. Perlahan jumlah produksi yang dilakukan akan meningkat dan keuntungan pun ikut mengalami peningkatan

  • Jual dengan teknik online,

Menjual produk yang sudah dibuat tentu akan keluar modal lagi, misalnya menyewa stand di ajang pameran. Atau memilih berjualan di tepi jalan bisa jadi ada tarikan biaya sehingga perlu dipertimbangkan. Pilihan yang paling aman adalah menjualnya secara online sebab Anda tinggal memoto produk jualan dan menunggu pesanan. Anda bahkan bisa menekan angka produksi dengan sistem PO sehingga produksi baru dijalankan ketika pesanan diterima. Resiko barang tidak laku bisa ditekan meski keuntungan yang didapat terbatas karena menunggu orderan.

  • Berikan harga yang cukup menarik,

Di masa awal usahakan untuk tidak mengambil keuntungan berlebihan, Anda bisa menimbang menekan nilai keuntungan. Dijamin tidak rugi sebab perlahan konsumen akan terus bertambah dan pemasukan bisnis akan ikut berkembang. Ketika di awal Anda sudah membandrol harga tinggi tentu konsumennya terbatas, padahal Anda butuh modal cepat berputar. Maka pilih dijual cepat dengan ditawarkan di berbagai media dan kesempatan tentunya dengan harga menarik. Setelah mendapat pelanggan setia maka Anda sudah berhasil memulai bisnis modal kecil dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *