You are here: Home / Bisnis / Peluang Investasi Syariah Online yang Menguntungkan

Peluang Investasi Syariah Online yang Menguntungkan

Mayoritas penduduk Indonesia yang muslim membuat investasi syariah populer dan banyak dicari. Produk investasi syariah digemari karena halal, tidak mengandung unsur riba, gharar maupun judi. Selain itu, unsur manfaat dan keadilan merupakan nilai tambah yang menjadi daya tarik tersendiri dari investasi syariah dengan menggunakan sistem bukan bunga, tapi bagi hasil. Berikut ini akan dijabarkan peluang investasi syariah online yang menguntingkan.

Reksadana Syariah

Produk syariah satu ini banyak dilirik karena simpel. Anda hanya perlu melakukan setoran dana pada manajer investasi secara online. Manajer kemudian mengelola dana tersebut, tetapi tetap sesuai dasar prinsip hukum syariah. Misalnya diputar dalam bentuk obligasi, saham, pasar modal maupun pasar uang dan lain sebagainya.

Memang cara ini mirip dengan reksadana konvensional. Yang membedakan adalah jenis usaha atau cara memutar modal yang dilakukan, dengan tetap mempertimbangan kehalanan serta hal-hal yang tidak mendatangkan riba.

Keuntungan melakukan investasi reksadana syariah secara online adalah dana yang tidak terlalu besar. Dengan modal kecil, Anda sudah bisa berinvestasi. Para investor nantinya juga akan memperoleh laporan melalui email dari manajer investasi atas investasi syariah yang telah dilakukannya secara berkala.


Pasar Modal Syariah

Produk pasar modal Syariah kini sudah ada di Indonesia. Investasi ini sendiri dapat dilakukan secara online di mana saja. Pasar modal syariah di Indonesia sendiri adalah satu-satunya di dunia yang menerapkan sistem syariah. Jadi para investor bisa melakukan trading online berbasis syariah.

Investor yang ingin menanam modal di pasar modal syariah bisa lebih dulu melihatnya dalam list daftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Jaminan berikutnya adalah, saham-saham ini diawasi dan dievaluasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional MUI, Otoritas Jasa Keuangan.

Saham Syariah

Menurut istilah, saham adalah suatu penyertaan modal usaha kepada sebuah badan perseoran terbatas atau perusahaan.

Saham adalah salah satu jenis investasi yang sangat mudah dilakukan. Saham juga dengan mudah dibeli atau diperjualbelikan kembali. Dan investasi dalam bentuk saham syariah termasuk jenis investasi untuk jangka panjang dan menengah.

Proses memulai investasi syariah berbentuk saham syariah juga sangat mudah. Anda hanya perlu untuk membuka rekening baru pada sebuah bank. Kemudian menghubungi perusahaan sekuritas yang dipilih untuk menanam saham syariah yang bisa dilakukan online.

Ada ketentuan soal rekening saham dengan setoran awal tertentu, seperti minimal Rp 1.000.000. selain itu, Anda juga perlu melengkapi berkas-berkas investasi dengan fotocopy atau scan Kartu Tanda Penduduk, mengisi Aplikasi Formulir, dan menyertakan fotocopy atau scan NPWP.

Jika rekening saham telah siap, maka Anda tinggal melakukan unduh aplikasi investasi produk saham syariah milik perusahaan sekuritas yang telah dipilih. Ini untuk mempermudah Anda dalam mengawasi saham serta melakukan jual beli secara praktis serta mendapatkan laporannya tiap waktu.

Jadi, manakah peluang investasi syariah online yang Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *