You are here: Home / Bisnis / Peluang Investasi Obligasi

Peluang Investasi Obligasi

Obligasi Ritel atau ORI merupakan salah satu jenis peluang investasi untuk jangka panjang yang menjanjikan. Jika Anda memilih investasi obligasi ada baiknya pahami terlebih dulu karakteristik investasi ini agar bisa menjalaninya sehingga mendapatkan keuntungan lebih besar.

Pengertian Obligasi

Obligasi berbeda dengan saham yang memberikan hak kepemilikan perusahaan kepada investor. Sedangkan obligasi sebenarnya adalah pinjaman yang Anda berikan kepada perusahaan.

Secara sederhana obligasi dapat diartikan sebagai surat hutang jangka panjang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau pemerintahan dengan nilai nominal tertentu dan  sesuai dengan waktu jatuh tempo. Investasi obligasi artinya Anda meminjamkan uang kepada pemerintah atau perusahaan, kemudian perusahaan atau pemerintahan yang diberi pinjaman akan mengembalikan pinjaman ditambah bunga selama jangka waktu tertentu.

Salah satu jenis obligasi yang diperdagangkan di Indonesia saat ini adalah obligasi kupon. Obligasi ini memiliki tingkat bunga tetap selama masa berlaku.

Cara Investasi Obligasi

Obligasi merupakan peluang investasi jangka panjang dengan modal yang lumayan cukup besar. Biasanya nilai obligasi yang diperjual belikan jumlahnya dalam satuan yang besar, misalnya: 1 milliar.

Masa berlaku obligasi tergantung pemerintahan atau perusahaan yang menerbitannya, umumnya sekitar 5 – 1- tahun. Semakin sebentar durasi obligasi maka semakin kecil pengaruhnya terhadap suku bunga. Sedangkan jika durasinya semakin panjang maka semakin sensitif jika terjadi perubahan suku bunga.

Anda bisa menjual obligasi milik Anda kepada pihak lain di pasar sekunder dengan nilai yang sesuai dengan harga pasar sebelum jatuh tempo. Harga obligasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

Baca Juga:Tips Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan

  • Harga obligasi dipengaruhi oleh perubahan suku bunga
  • Dipengaruhi oleh persepsi terhadap resiko yang akan terjadi

Harga obligasi bisa saja lebih rendah atau bahkan lebih tinggi dari nilai parinya. Investasi obligasi tidak hanya memberi keuntungan dari pembayaran tetap saja, namun juga mendapatkan peluang lebih untuk mendapatkan keutungan dari selisih harga beli dan jual atau istilahnya adalah capital gain.

Investasi obligasi dapat dijualbelikan setiap saat dengan catatan sebelum jatuh tempo. Harganya bisa lebih atau kurang dari nilai pari. Harganya memang dapat berfluktuatif karena beberapa hal, seperti:

  • Tingkat bunga yang dibayar
  • Tingkat kepastian pembayaran kembali
  • Kondisi ekonomi secara keseluruhan, terutama tingkat inflasi yang mempengaruhi suku bunga Bank.

Biasanya kupon obligasi nilainya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga deposito. Namun lebih rendah dari suku bunga kredit pinjaman Bank. Besarnya fluktuasi rgantung pada penawaran suku bunga (permintaan) yang terjadi di pasar.

Obligasi pemerintahan memiliki peluang investasi yang lebih aman karena pemerintahan memiliki kemampuan untuk mencetak uang dan membebankan pajak. Tapi jika Anda memilih obligasi perusahaan, sebaiknya pilih dari obligasi peringkat tertinggi dulu karena peringkat ini bisa dijadikan ceriman resiko kegagalan dalam mebayar nilai pokok dan bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *