You are here: Home / Bisnis / Peluang Bisnis Sampingan

Peluang Bisnis Sampingan

Jika kamu adalah seorang mahasiswa atau karyawan yang menginginkan pemasukan tambahan tapi tidak punya banyak uang sebagai modal usaha, kamu tidak perlu kuatir. Kamu hanya perlu cukup cerdas dalam melihat peluang bisnis di sekelilingmu yang berpotensi menambah pundi-pundi penghasilanmu. Pada dasarnya, kamu bisa melakukan bisnis tanpa modal dengan menjual keahlianmu di bidang-bidang tertentu, atau dengan berjualan barang-barang hobi. Dan jika ditekuni, bisnis sampingan ini berpotensi menjadi bisnis yang besar.

Berikut beberapa peluang bisnis sampingan yang bisa kalian jalankan meskipun dengan minim modal.

  • Jualan barang-barang bekas

Barang yang menurut kita kurang bermanfaat bisa menjadi berguna di tangan orang lain. Jual-beli barang bekas bisa menjadi bisnis sampingan yang menyenangkan. Barang-barang bekas yang berhubungan dengan hobi biasanya dihargai cukup tinggi, pantas untuk mengisi dompetmu. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan pembeli melalui media sosial atau situs jual-beli online. Dengan sedikit keterampilan bisnis, kemampuan membaca peluang, dan keberanian mengambil resiko, kamu bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari berjualan barang-barang bekas.

  • Mendesain Kaos atau Merchandise

Apabila kamu punya hobi desain dan punya komunitas yang bisa kamu jadikan target market kamu, kenapa tidak bikin desain kaos saja? Dengan sistem pre-order, kamu hampir tidak perlu modal sama sekali untuk memperoleh keuntungan yang lumayan. Jika kamu cukup percaya diri dengan desainmu, kamu bisa memasukkannya ke situs-situs yang bisa membantu mempromosikan desain kaosmu, baik yang lokal maupun situs luar negeri. Melalui situs-situs tersebut, kamu bisa membuat toko sendiri menjual desainmu secara online tanpa perlu repot memikirkan modal, produksi, dan pengiriman, karena semua itu sudah ditangani oleh sang penyedia situs. Tinggal masukkan desain, pasang harga.

  • Produsen perlengkapan atau aksesoris hobi

Jika kamu punya keterampilan membuat kerajinan tangan, kenapa tidak menjadikannya sebagai peluang bisnis? Kamu bisa membeli bahan-bahannya dengan harga murah di toko aksesoris, merangkainya menjadi pernak-pernik handmade yang keren lalu menjualnya secara online.

  • Dropshipper

Dropshipper bersinggungan langsung dengan konsumen, mirip dengan reseller, hanya saja dropshipper tidak menyediakan stok barang, hanya sekadar memamerkan barang yang disediakan oleh pemasok atau supplier. Dalam sistem dropship, dropshipper berperan sebagai marketer produk sekaligus jembatan antara pemesan dengan supplier. Supplier pada sistem ini sifatnya anonim dan hanya diketahui oleh dropshipper.

  • Jualan stock photo

Apabila kamu mempunyai skill fotografi yang mumpuni, kamu bisa memanfaatkan keterampilanmu untuk membuat stock photo yang bagus lalu menjualnya di situs-situs penyedia stock photo seperti shutterstock.com, istock.com, atau fotolia.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *