You are here: Home / Bisnis / Peluang Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga merupakan pilihan yang mulia kerena menghabiskan hampir seluruh waktunya demi mengurus keluarga. Namun di tengah kesibukan mengurus keluarga sehari-hari, tidak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang dan tidak produktif, sehingga lebih memanfaatkan waktu luangnya tersebut dengan menonton televisi atau tiduran. Padahal, banyak beristirahat dan menonton televisi setiap hari dapat menyebabkan kegemukan dan bahkan dapat berpotensi mendatangkan penyakit karena tidak banyak bergerak. Untuk mengisi waktu luangnya, banyak di antara ibu rumah tangga tersebut yang memilih untuk membuat usaha kecil-kecilan, dengan tujuan menuangkan hobinya atau karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk meringankan beban suami. Sebenarnya, begitu banyak peluang bisnis rumahan yang dapat dicoba para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Berikut ini adalah jenis-jenis usaha rumahan untuk ibu rumah tangga.

Jasa Katering atau Bisnis Kuliner

Ibu rumah tangga umumnya memiliki kemampuan yang lebih di bidang memasak. Bakat memasak tersebut sangat sayang jika disia-siakan. Bisnis jasa kuliner atau katering dapat dikatakan sebagai bisnis yang tidak akan pernah mengalami penurunan peminat, sebab makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Bagi ibu rumah tangga, bisnis kuliner dapat dimulai dari skala yang paling kecil, yaitu dengan membuka jasa katering untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar, misalnya menawarkan diri untuk menyediakan makanan dalam rapat RT, menyediakan makanan jika ada hajatan, dan acara-acara tingkat kampung lain. Memulai bisnis kuliner memang harus dilakukan dari hal yang terkecil dan menyasar orang-orang terdekat. Jika sudah terbiasa memenuhi kebutuhan makanan atau katering dalam skala kecil, maka ibu rumah tangga akan terbiasa menyediakan makanan dalam skala kebutuhan atau pesanan dalam jumlah yang lebih besar.

Baca Juga:2 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jasa Menjahit

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menjahit bahkan memiliki selera yang sangat bagus dalam bidang fashion. Bakat tersebut akan semakin terasah jika diberi fasilitas yang mumpuni, misalnya dengan dibelikan perlengkapan mesin jahit. Ibu rumah tangga yang memiliki bakal menjahit harus berani memulai usaha membuka jasa menjahit pakaian dengan hanya bermodal mesin jahit. Jasa menjahit memiliki peminat atau calon pengguna jasa yang tidak sedikit, terutama ketika memasuki momen-momen tertentu seperti lebaran. Tidak semua baju yang dijual di toko baju atau mall cocok untuk digunakan, baik dari segi model atau dari segi ukuran, sehingga masih banyak orang yang membutuhkan jasa penjahit. Akhir-akhir ini, jumlah penjahit konveksi semakin berkurang dan semakin sedikit. Peluang bisnis tersebut dapat dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luangnya.

Satu hal terpenting yang perlu diingat oleh ibu rumah tangga yang ingin terjun dalam bidang usaha skala rumahan adalah, kesibukan mengurus usaha tersebut jangan sampai membuat ibu rumah tangga melupakan kewajiban utamanya, yaitu mengurus keperluan rumah tangga dan melayani suami. Melihat peluang bisnis juga harus mempertimbangkan kondisi keluarga dan juga atas persetujuan suami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *