You are here: Home / Bisnis / Peluang Bisnis Jual Barang Bekas Untung Besar

Peluang Bisnis Jual Barang Bekas Untung Besar

Jangan buang barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi, karena sekarang ini barang bekas-pun bisa menjadi peluang bisnis menghasilkan uang. Sekarang menjual barang bekas tidak harus ke toko loak. Dengan memanfaatkan internet, Anda bisa jual barang bekas sendiri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika barang yang dijual adalah barang bekas, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pilih Kategori Jenis Barang

Memulai bisnis jual barang bekas, yang pertama-tama harus dilakukan adalah menentukan kategori barang yang akan dijual. Misalnya, apakah barang yang dijual jenis elektronik, perabotan rumah tangga, buku, kendaraan, pakaian, sepatu atau barang lainnya. Anda bisa memilih salah satu barang, atau beberapa jenis barang jika anda memiliki kategori barang.

Namun, yang bisa dijadikan bahan pertimbangan menjual barang bekas adalah Anda harus siap dengan barang yang akan dijual. Untuk mempermudah, sebaiknya pilih satu atau dua kategori barang.

Tentukan Harga

Tidak mungkin Anda menjual barang bekas dengan harga yang sama dengan barang baru. Harga yang dibandrol harus lebih murah dengan barang baru, walaupun kondisinya masih sama seperti barang baru atau Anda bisa memberikan harga lebih murah 10% – 20% dari harga barang baru. Sebelum melemparkan harga sebaiknya lakukan survay terlebih dahulu dengan membandingkan harga barang baru.

Cek Kondisi Barang

Walaupun barang bekas, jika dijual tidak boleh asal bekas saja. Apalagi kondisinya sudah sangat tidak layak. Kondisi barang bekas menjadi salah satu faktor penting, berhasil tidaknya peluang bisnis, apakah barang terjual atau tidak. Oleh sebab itu, cek kondisi barang dan pastikan barang yang dijual masih dalam kondisi layak pakai.

Baca Juga:4 Peluang Bisnis Menarik

Jika ada barang yang kondisinya rusak atau cacat, sampaikan dengan jujur bagian apa saja yang rusak. Hal tersebut dilakukan agar pembeli tidak kecewa dan merasa dirugikan.

Selain itu berikan informasi jika masih bisa diperbaiki, mulai dari harga memperbaiki, cara dan bahannya.

Karena kondisi fisik barang bisa menjadi faktor penentu, maka rajin-rajinlah membersihkan barang dari kotoran dan debu. Jika ada kerusakan yang bisa diperbaiki, segera perbaiki.

Jika Anda menjual pakaian bekas, maka harus dicuci terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Jika perabotan rumah tangga yang Anda jual warnanya sudah memudah, bisa Anda cat kembali.

Banyak Berburu Barang Bekas

Selain barang milik pribadi yang dijual, Anda bisa menjual barang-barang bekas yang Anda beli. Pastikan barang bekas yang dibeli sesuai dengan konten barang dan kondisinya masih bagus. Cari informasi seputar pusat penjualan barang bekas di kota Anda.

Demikian informasi mengenai peluang bisnis jualan barang bekas yang sekarang menjadi trand di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya dan kota-kota besar lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *