You are here: Home / Bisnis / Pahami Tipe Konsumen Online untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

Pahami Tipe Konsumen Online untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

Berkembangnya industri teknologi secara langsung memberikan pengaruh terhadap gaya hidup manusia di era yang modern seperti saat ini. Terlebih sejak hadirnya internet di tengah kehidupan kini yang seolah telah menjadikan berbagai aktivitas di kehidupan terasa lebih mudah terutama dalam bidang komunikasi. Sejak hadirnya internet, tren berbelanja pun menjadi berubah yang awalnya hanya dilakukan secara tatap muka namun kini sudah menjadi bisnis online melalui ponsel masing-masing.

Berbisnis online sendiri amat sarat dengan kompetisi mengingat kini sudah banyak toko online yang ada di dunia maya. Banyaknya saingan ini menjadikan Anda harus berusaha ekstra keras sehingga bisa mengambil alih perhatian dari pembeli. Memang ini tidak mudah dan butuh banyak usaha dan promosi, namun tetap saja mungkin dilakukan. Selain itu, kontrol diri dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen secara memuaskan juga sangat dibutuhkan disini mengingat Anda tidak melihat konsumen secara langsung dan hanya berkomunikasi melalui ponsel.

Mengetahui karakter setiap konsumen akan menjadi nilai tersendiri sehingga Anda bisa menangani setiap permintaan dan keluhan dari mereka meningkatkan penjualan bisnis online. Berikut ini beberapa tipe konsumen yang kerapkali ditemui ada di dunia maya:

  • The Seeker

Tipe pertama adalah tipe terbanyak yakni The Seeker dimana tipe konsumen ini memang mencari produk yang dibutuhkannya ketika berkunjung ke suatu toko online. Untuk bisa membuat The Seeker tertarik membeli di toko Anda, ada baiknya jika Anda bisa mengusahakan toko Anda ada di urutan atas daftar mesin pencari sehingga lebih mudah ditemukan.

  • The Research

Untuk tipe yang satu ini juga sering melakukan perbandingan mulai dari kualitas dan harga produknya. Namun yang membedakan adalah spesifikasi produk yang diinginkan oleh The Research ini sangat mereka pahami. Anda bisa mengambil perhatian mereka dengan memberikan deskripsi jelas serta foto yang bagus agar mereka lebih percaya pada toko Anda.

  • TheDiscount Lover

Sesuai namanya, mereka adalah para pemburu diskon. Setiap ada embel-embel potongan harga dan promo, maka para Discount Lover ini selalu hadir. Mereka umumnya akan sangat selektif memilih harga namun masalah kualitas adalah nomor sekian. Untuk itu, penawaran diskon bisa sangat membuat mereka tertarik.

  • The Window Shopper

Melihat-lihat toko online hampir selalu dilakukan banyak calon konsumen. Mereka hanya iseng, namun juga bisa memutuskan membeli jika Anda cerdas dalam memanfaatkan momennya. Desainlah toko online dengan lebih berwarna-warni dan kreatif sehingga para Window Shopper tidak bosan dan tertarik.

Itulah beberapa tipe konsumen yang ada di dunia maya dan cara mencari perhatian mereka. Bisnis online Anda akan sangat maju jika bisa menghandle keseluruhan tipe konsumen tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *