You are here: Home / Bisnis / Mitos Informasi Bisnis Online yang Perlu Anda Tahu

Mitos Informasi Bisnis Online yang Perlu Anda Tahu

Kesuksesan para pelaku bisnis online memang kadang membuat iri. Tapi, tahukah Anda kalau kesuksesan itu tentu tidak diraih dengan mudah? Berikut ini beberapa mitos informasi bisnis online yang perlu Anda tahu sebelum memulai bisnis online sendiri.

Memulai Usaha Tanpa Modal

Sebenarnya, bukan tanpa modal juga. Tetapi, bisnis yang dilakukan secara online memang membutuhkan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan memulai bisnis secara offline. Beberapa kebutuhan wajib seperti perangkat, ruangan serta karyawan bisa Anda tekan sekecil mungkin saat berbisnis secara online.

Buat saja Usaha, Konsumen Pasti Datang

Jangan percaya mitos ini. Untuk mendapatkan konsumen, maka Anda perlu untuk memperhatikan benar kualitas layanan atau produk Anda. Selain itu, kelancaran distribusi, dan analisis strategi marketing yang paling tepat juga penting untuk menarik konsumen.

Konsumen Hanya Peduli pada Harga

Perang harga di dunia bisnis online memang tidak dapat dihindari. Tapi, apakah benar jika konsumen hanya peduli pada harga saja? Ternyata tidak sepenuhnya benar. Konsumen tidak hanya mempertimbangkan faktor harga saja. Konsumen ternyata juga mempertimbangkan masalah kualitas produk/layanan serta kredibilitas penyedia produk atau layanan tersebut.

Media Sosial adalah Segalanya

Memang benar jika saat ini peran media sosial dalam kegiatan informasi bisnis online sangat penting. Tetapi, tidak semua hal bisa saja diselesaikan dengan media sosial. Jangan sampai justru ini jadi bomerang bagi Anda, lantaran tidak bisa memanfaatkan dengan baik dan bijak.

Dengan media sosial memang dapat meningkatkan penjualan, tapi Anda juga perlu ingat bahwa produk atau layanan berkualitaslah yang paling utama.

Terlalu Percaya Diri Produk Pasti Laku

Seperti halnya pasar nyata, pasar di dunia online juga memiliki pesaing. Tidak semua konsumen pasti langsung suka dan membeli produk Anda saat itu juga. Karenanya, waspada dengan produk serupa di luaran sana dan jangan terlalu percaya diri dengan produk Anda, jika tidak punya kelebihan atau keunikan yang bisa menarik konsumen.

Jangan Berikan Janji

Promo dan janji tertentu memang dapat menarik konsumen untuk datang. Tetapi, jangan berikan janji yang tidak bisa Anda tepati. Hindari berikan promo atau janji yang ternyata tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Solusinya? Berikan janji hanya untuk hal yang pasti bisa Anda wujudkan saja tanpa perlu memaksakan diri.

Konsumen Selalu Benar

Konsumen adalah raja. Tetapi, tetap saja Anda perlu punya aturan serta cara main sendiri untuk menghindari perusahaan dari kebangkrutan. Yang seharusnya Anda lakukan adalah memberikan janji kepada konsumen sesuai dengan apa yang Anda bisa berikan dan menjaga kontak positif dengan konsumen Anda.

Suatu saat, jika ada konsumen yang merasa tidak puas dengan produk/layanan Anda, jika memang itu karena kesalahan pihak Anda, minta maaf lah pada konsumen dan lakukan pembenahan segera. Tapi jika keluhan konsumen itu bukan kesalahan Anda, maka berikan penjelasan dan lakukan edukasi pada konsumen agar nanti tida terulang lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *