You are here: Home / Bisnis / Minimalkan Resiko Pada Bisnis Makanan dengan 4 Kiat Ini!
Minimalkan Resiko Pada Bisnis Makanan dengan 4 Kiat Ini!

Minimalkan Resiko Pada Bisnis Makanan dengan 4 Kiat Ini!

Salah satu bisnis yang aman dari perkembangan zaman adalah bisnis makanan sebab sampai kapanpun makanan merupakan kebutuhan siapa saja. Menjualnya sama artinya menyediakan kebutuhan yang dicari oleh semua orang sehingga tidak sulit menemukan konsumen. Tidak ada batasan untuk bisa menjualnya sebab secanggih apapun teknologi semua orang tetap butuh makan, maka bisnis kuliner menawarkan prospek masa depan yang gemilang. Akan tetapi resiko kebangkrutan tetaplah menghantui pebisnis di bidang ini maka ketika berkeinginan menjajalnya pahami kiat meminimalkan resiko yang ada.

Minimalkan Resiko Pada Bisnis Makanan dengan 4 Kiat Ini!

Kiat Meminimalkan Resiko Berbisnis Kuliner

Mengingat bisnis satu ini adalah bisnis yang tidak pernah kehabisan konsumen maka minimalkan segala resiko yang mungkin terjadi. Berikut beberapa kiat untuk mencapai tujuan tersebut:

  • Memahami betul kuliner yang dijual,

Sebelum menjual produk kuliner jenis apapun usahakan untuk memahami kuliner tersebut, mulai dari bahan baku, proses pembuatan, sampai umurnya. Sebab beberapa jenis kuliner bisa tahan lebih dari 24 jam meski diletakan di suhu ruang, misalnya saja rendang. Maka penting untuk mengetahui seluk beluk dari kuliner yang Anda pilih dan cobalah dengan menyediakan sedikit menu dulu.

  • Batasi kuantitas dagangan Anda,

Menjual produk kuliner memang ada tantangan dagangan tidak laku dan pada akhirnya harus memutuskan untuk membuangnya. Apalagi untuk makanan siap santap yang masuk kategori basah maka akan mudah basi meskipun kurang dari 24 jam. Memaksa menjualnya malah akan memastikan pasaran maka dalam menjalankan bisnis makanan atur kuantitasnya dengan cermat. Mulailah sedikit dulu kalau sambutannya baik baru ditambah dan penambahan ini diberi jeda beberapa bulan agar sambutan pasar selalu bagus.

Baca Juga:Tips Tepat yang Bisa Diterapkan untuk Memulai Bisnis Makanan Agar Cepat Sukses

  • Cobalah sistem made by order,

Berhubung saat ini internet sudah menjadi media bagi pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya, maka tidak ada salahnya mencoba terjun ke internet. Nantinya Anda bisa membuat sistem made by order sehingga seperti restoran cepat saji yang baru membuat menu setelah mendapatkan pesanan. Sistem ini bisa menekan resiko merugi ketika dagangan sedang sepi, tidak ada lagi modal yang terbuang sia-sia. Opsional lain adalah membuka order secara online dengan sistem PO setelah orderan diterima baru dimasak dan diantarkan dengan ojek online.

  • Tawarkan dengan harga yang merakyat,

Salah satu kesalahan pebisnis di bidang kuliner adalah terlalu semangat mengeruk keuntungan yang besar. Alhasil banyak yang berusaha menjual dagangannya dengan harga yang tinggi, sudah tentu resiko untuk bangkrut semakin besar. Sebab yang namanya bisnis seunik apapun konsepnya dijamin akan segera menemukan pesaing. Kalau Anda sudah kalah di sektor harga maka jangan menyalahkan siapa-siapa kalau pelanggan Anda pindah ke lapak sebelah. Maka berikan harga yang rasional dan paling efektif adalah memberi harga merakyat agar bisnis makanan terus berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *