You are here: Home / Bisnis / Mengenal Investasi Syariah

Mengenal Investasi Syariah

Umat muslim selama berabad-abad lalu, tatkala Al-Quran diturunkan melalu lisan suci Nabi Muhammad SAW, mengajarkan praktek ibadah yang sakral dalam hubungan antara Allah  dengan segala ciptaannya. Dalam ajaran Islam, kita tidak hanya diajarkan menjalankan ritual ibadah. Akan tetap etika dalam kehidupan, dan segala aspeknya. Etika ini, yang kelak akan membentuk umat Islam menjadi lebih beradab dan berkualitas dalam menguasai dunia. Segala macam tata cara kehidupan pun, sudah ditulis dalam Al-Quran. Dalam satu kesatuan yang kompleks, dan indah. menjalani hidup sesuai syariat islam, adalah syarat hidup menjadi lebih beradab dan berakal. Salah satu yang diajarkan oleh agama Islam, juga mempengaruhi dalam beberapa sektor termasuk dalam hal mencari rizki yang halal dengan investasi syariah masa depan, sesuai ajaran umat muslim yang ada.   

Baca Juga : Mengenal Definisi Deposito

Karena di dalam ajaran agama Islam, diharuskan seorang pengusaha muslim haruslah memperhatikan ajaran-ajaran kaidah Islam. Kalau mereka paham akan kaidah tersebut. Insyallah, usahanya lancar dunia dan akhirat agar tidak bertentangan atau bertolak dengan ajaran yang telah ditetapkan syariah. Sehingga harta yang dicari dan didapatkan dengan susah payah selama ini, menjadi bebas dari segala macam-macam hal yang tidak disukai Allah STW, yakni bebas dari syubhat dan haram. Nah, sebagai pegusaha muslim yang berkualitas yang menjadikan ajaran agamanya sebagai tiang penyanggah dari masuknya haram dan syubhat itu. Konsep dan ajaran dasar investasi yang berpijak dari ajaran Islam haruslah dipahami dan diterapkan dengan akal sehat oleh para pengusaha-pengusaha muslim. Karena apapun yang dikerjakan, pasti akan menuai dampaknya. Maka dari itu, prinsip dasar tersebut haruslah dipahami.

Definisi investasi syariah :

Apa yang dimaksud dengan investasi. Inventasi adalah suatu kegiatan/aktifitas dalam memperoleh pendapatan atau menambahkan nilai investasi melalui cara menanamkan dana dalam kategori jumlah nominal tertentu pada satu usaha bisnis. Lalu apa yang dimaksud kata ‘syariah’ , kata syariah bisa diartikan sebagai jalan yang diridhoi, jalan yang di dalamnya terdapat aturan-aturan yang telah ditetapkan-Nya. Yang menjelakan segala etika, dan tata cara perundangan, agar umat manusia tidak salah jalan dalam menjalani sebuah kehidupan. Dan hal tersebut tentu saja bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Saw. Adalah dua sumber kumat Muslim dalam menjalankan kehidupannya. Merupakan ajaran mutlak, yang tak bisa diganggu gugat oleh apapun. Dan secara lebih komprhensif, jadi bisa diambil kesimpulan, investasi syariah adalah penempatan dana nominal yang di dalamnya tidak ada hal-hal yang melanggar ajaran agama Islam. Seperti perbuatan tercela yang tidak disukai Allah Swt. Seperti perbuatan riba, gharar maupun masyir, pada dana yang ditanam pada sebuah bisnis usaha. Dan harus berpijak pada ajaran Al-Quran dan Sunnah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *