You are here: Home / Bisnis / Memulai Bisnis Online

Memulai Bisnis Online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat belakangan ini, membuat bisnis online semakin merajarela. Bisnis Online memang sangat menjanjikan. Untuk bisa memulai bisnis Online, kita tidak perlu memilki modal yang besar, hanya tinggal menyiapkan seperangkat gadget yang mumpuni untuk melakukan bisnis ini.

Bisnis Online di era sekarang cenderung sangat mudah, karena faktor pendukung yang sudah sangat cukup. Mulai dari banyaknya market place seperti Buka Lapak dll sampai teknologi yang mendukung cara pembayaran dalam satu transaksi, sehingga pembeli akan merasa nyaman melakukan pembelian secara Online.

Walaupun terkesan mudah, memulai bisnis online tetap harus memiliki dasar yang kuat terlebih dahulu. Berikut akan dibahas langkah-langkah yang tepat untuk Anda.

  1. Untuk mengembangkan bisnis online, jangan hanya mengandalkan pada market place saja. Karena, market place bukanlah lahan pribadi anda untuk berjualan. Sehingga sewaktu-waktu lapak anda bisa saja di tutup. Mulailah mengembangkan website pribadi milik anda sendiri, sehingga anda bisa lebih leluasa me-maintain barang jualan di website anda sendiri. Selain website anda juga bisa mengembangkan bisnis melalui BBM, IG, Line dan Sosial media lainnya.
  2. Pilih posisi yang sesuai dengan kesanggupan dan kemampuan anda. Maksudnya adalah, tentukan pilihan apakah anda ingin menjadi distributor, supplier, atau hanya sekedar menjadi reseller saja. Untuk menjadi distributor dan supplier tentunya harus memiliki modal terlebih dahulu. Ada baiknya untuk memulai bisnis online ini, jadi reseller terlebih dahulu. Apabila sudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli, tidak ada salahnya mulai memikirnya untuk menjadi distributor.
  3. Pilih produk yang akan dijual.Memilih produk tentunya tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan terlebih dahulu barang/jasa apa yang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu tentukan juga barang yang benar-benar anda ketahui seluk beluknya. Sehingga apabila pembeli bertanya anda sudah mempunyai jawaban yang tepat. Kemudian, tentukan juga target marketnya agar cara promosi atau pemasaran bisa disesuaikan dengan target market yang di maksud.
  4. Siapkan materi untuk memulai promosi. Promosi yang menarik tentunya akan mendatangkan rasa ketertarikan target market yang anda tuju.
  5. Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah, fokus. Walaupun terkesan mudah, fokus pada bisnis ini tetap harus ada.

Baca Juga: Kenali Bisnis Online yang Menguntungkan di Tahun 2016

Setelah semua anda lakukan dan akhirnya mendapatkan pembeli, agar bisnis Online anda tetap berkembang dan dikenal lebih banyak orang. Hal yang perlu dilakukan adalah menjaga agar pembeli merasa nyaman membeli barang atau memakai jasa anda. Mulailah dengan melakukan fast response apabila ada yang menanyakan ketersediaan barang yang anda jual.

Langkah-langkah di atas cukup mudah dilakukan, tidak memerlukan skill tertentu, kan? Selamat berjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *