You are here: Home / Bisnis / Memilih Deposito Yang Tepat Untuk Masa Depan

Memilih Deposito Yang Tepat Untuk Masa Depan

Deposito adalah sejenis produk investasi/tabungan yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat. Sama seperti tabungan, depositu juga berguna untuk masa depan kita. Deposito dinilai sebagai investasi yang aman karena minim resiko. Karena hal tersebutlah banyaknya masyarakat lebih memilih investasi dalam bentuk deposito disbanding investasi lainnya. Nilai deposito tidak akan berkurang, berbeda dengan reksadana yang harganya akan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi suatu Negara. Deposito mimilki beberapa kelebihan. Tetapi, kita harus dapat memilih deposito yang tepat untuk masa depan. Dalam mendepositokan dana ini, tentu saja harus mencari bank yang tepat terlebih dahulu.

Berikut adalah cara memilih deposito yang tepat di antaranya adalah:

  • Reputasi Bank

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah reputasi bank yang bagus, pelayanan yang memuaskan dan harus memenuhi standart kesehatan dari Bank Indonesi.

  • Bunga Deposito

Bandingkan terlebih dahulu bunga yang ditawarkan pihak bank. Bank dengan penawaran bunga deposito yang tertinggi dapat dijadikan plihan deposito yang anda pilih.

Baca Juga: Kenali Bisnis Online yang Menguntungkan di Tahun 2016

  • Fitur yang diberikan

Perhatikan juga fitur yang diberikan oleh bank. Apakah memberikan fasilitas perpanjangan deposito secara otomatis atau tidak?

  • Waktu deposito

Perbedaan waktu deposito berarti berbeda juga bunga yang ditawarkan. Umunnya lama deposito adalah 3, 5, 12 sampai 24 bulan. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan.

  • Syarat dan ketentuan deposito

Pilihlah syarat dan ketentuan yang ringan, tidak rumit yang memudahkan anda untuk memenuhinya.

Fitur Yang di Berikan. Perhatikan Juga Fitur Yang di Berikan Oleh Bank-Bank Yang Menyediakan Deposito Tersebut, Apakah ada Fasilitas perpanjangan deposito secara Otomatis (Automatic Roll Over / ARO). Ini Memudahkan Transaksi Anda.

  • Perhitungkan biaya penalty

Perlu diketahui, salah satu ketentuan deposito adalah akan terkena penalty apabila menarik dana sebelum jatuh tempo. Biaya penalti yang diberikan oleh bank biasanya berbeda. Kebanyakan bank biasanya menghilangkan bunga deposito. Misalkan, anda menyimpan uang dalam deposito dengan jangka waktu selama 1 tahun, kemudian,  anda mencairkan uang itu pada bulan ke-6, maka bunga bulan ke-6 itu tidak akan Anda peroleh. Ada juga bank yang menerapkan system uang pelanggaran, yaitu uang yang dibayarkan (biasanya satu kali dana yang harus disetorkan selama sebulan). Biaya pelanggaran biasanya tergantung pada beberapa faktor, termasuk suku bunga bank saat ini (pada saat Anda mencairkan deposito), bunga yang disepakati, dan jumlah uang yang Anda depositokan.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan sebelum mengambil deposito di salah satu bank. Perlu diingat, deposito sangat dibutuhkan untuk masa depan anda. Tidak ada salahnya anda mulai mempertimbangkan untuk mengambil deposito demi terjaminnya masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *