You are here: Home / Bisnis / Membaca Peluang Kerja Online

Membaca Peluang Kerja Online

Perkembangan yang begitu pesat di bidang teknologi membuat beberapa perubahan mendasar dari sendi-sendi kehidupan, salah satunya dalam hal mencari kerja. Jika dulu banyak pencari kerja harus mendatangi langsung satu perusahaan ke perusahaan lain demi mencari lowongan pekerjaan dan mengantarkan surat lamaran, kini pencari kerja dapat memanfaatkan kecanggihan internat untuk mencari pekerjaan dan membaca peluang usaha. Banyak perusahaan dan penyedia lapangan kerja mulai melek teknologi dengan mengabarkan lowongan pekerjaan atau perekrutan karyawan melalui internet, sehingga para calon pelamar kerja dapat melihat peluang kerja online dan mencari pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan bakat dan minatnya. Namun meski internet memberi kemudahan, di dunia internet banyak kemungkinan penipuan sehingga sebagai pencari kerja, kita benar-benar harus waspada dan jeli dalam mencari peluang kerja terbaik untuk kita jalankan nantinya. Berikut ini adalah kiat-kiat membaca peluang kerja di internet agar tidak tertipu.

Mencari Pekerjaan Paling Masuk Akal

Keadaan yang terjepit karena lama menganggur bukan berarti kita tidak bisa berpikir realistis dalam membaca suatu lowongan pekerjaan di internet. Kita harus jeli dan waspada dalam memilih lowongan pekerjaan yang akan kita masuki. Carilah pekerjaan yang paling masuk akal, yaitu masuk akal dari segi gaji dan jasa yang dibutuhkan. Jika adala informasi lowongan pekerjaan yang menawarkan gaji sangat tinggi dan tidak masuk akal untuk pekerjaan yang ditawarkannya, jangan langsung percaya begitu saja. Sebagai contoh, jika ada perusahaan yang ingin merekrut karyawan pabrik dengan gaji 3x lipat UMR (upah minimum regional yang berlaku di suatu wilayah), maka kita perlu meragukan tawaran tersebut, bisa jadi pekerjaan yang akan kita lakukan nantinya jauh lebih berat dari karyawan yang bekerja normal.

Baca Juga:Jenis-Jenis Bisnis Internet yang Mendatangkan Keuntungan Besar

Mempertimbangkan Kemampuan Diri

Sudah menjadi gejala umum bagi orang yang lama menganggur adalah menerima pekerjaan apa saja yang ditawarkan padanya, tidak peduli apakah dirinya mampu melakukan pekerjaan tersebut atau tidak. Tidak semua peluang kerja online yang kita baca cocok untuk kita jalankan atau kita masuki. Ada beberapa pertimbangan yang harus kita pikirkan sebelum memutuskan untuk menerima suatu tawaran pekerjaan di internet, di antaranya adalah: mengukur kemampuan diri, menyesuaikan ijazah yang dibutuhkan dengan ijazah kita, mempertimbangkan gaji yang akan kita terima dengan jenis pekerjaan yang akan kita lakukan. Jangan sampai kita menyesal karena salah memilih pekerjaan. Jangan sampai gaji yang kita terima tidak sesuai dengan apa yang sudah kita kerjakan.

Mempertimbangkan Jarak

Tidak semua informasi lowongan kerja online yang disiarkan di internet berada di wilayah yang dapat kita jangkau. Jangan mudah tergiur dengan lowongan pekerjaan yang kita baca, apalagi jika alamat perusahaan yang menyediakan lowongan kerja tersebut berada di tempat yang jauh. Carilah perusahaan yang dekat atau bisa dijangkau, jangan sampai ongkos atau akomodasi dalam perjalanan ke tempat kerja menghabiskan sebagian besar gaji kita, sehingga malah akan besar pasak daripada tiang, atau gaji yang kita dapatkan hanya habis untuk uang bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *