You are here: Home / Bisnis / Manfaat dan kelemahan Bisnis Properti

Manfaat dan kelemahan Bisnis Properti

Bisnis property saat ini banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal yang membuat bisnis ini menggiurkan adalah tingginya keuntungan yang bisa didapat. Selain sebagai lahan bisnis, property juga dapat sekalian dijadikan untuk aset investasi. Namun, perlu juga diketahui bahwa tidak ada bisnis atau investasi yang sempurna. Semua pasti memiliki beberapa kelemahan.

Setidaknya setelah mengetahui manfaat dan kelemahan bisnis property, anda akan lebih hati-hati dan waspadai serta dapat merancang strategi agar dapatmenjalankan bisnis/investasi properti yang menguntungkan karena modal untuk memulai bisnis ini memakan modal yang tidak kecil.

Sebelum membahas apa saja kelemahannya, mari kita lihat beberapa manfaat dari bisnis ini :

  • Nilai keuntungan yang terus meningkat

Keuntungan lain dari investasi properti ini adalah nilainya akan terus meningkat dari waktu ke waktu meski membutuhkan waktu yang lama. Hal ini jelas akan menguntungkan untuk masa depan. Selain itu manfaat jangka panjang, manfaat dalam waktu pendek juga bisa didapat dalam bentuk uang sewa maupun uang kontrak. Sehingga keuntungan yang didapat dari bisnis ini terbilang cukup besar.

Baca Juga: Peluang Investasi Masa Depan

  • Dapat dijadikan agunan

Dengan keuntungan yang besar, property yang anda jadikan bisnis bisa dimanfaatkan untuk dijadikan agunan untuk pinjaman yang bisa digunakan untuk modal bisnis lainnya.

Dengan keuntungan yang besar dan sangat menjanjikan, tidak berarti bisnis property ini tidak memiliki kekurangan. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

    1. Biaya perawatan untuk bisnis properti cenderung besar. Hal ini harus dilakukan untuk tetap menjaga kualitas properti yang dapat memberikan keuntungan yang setidaknya sama bagi pemilik modal.
    2. Bisnis ini adalah bisnis dengan modal yang sangat besar, mengingat keuntungan yang didapat juga besar.
    3. Harga properti biasanya akan ditetapkan berdasarkan sifat pasar lokal. Sehingga pemilihan tempat untuk property turut menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan untuk menanamkan modal dalam bisnis ini.
    4. Meski harganya terbilang meningkat, tetapi hal ini tidak berlaku bagi kualitas properti itu sendiri. Setiap tahun, sebuah bangunan pasti akan mengalami penyusutan fungsi, misalnya dalam bentuk ketahanan dan kekokohan bangunan. Maka dari awal pembangunan properti ini harus sangat memperhitungkan pemakaian bahan baku, di samping harga atau modal awal.

  • Properti cukup rawan bila terjadi bencana alam atau kecelakaan yang disengaja. Meski properti didaftarkan dalam asuransi, namun ada pengorbanan lain yang harus dilakukan yaitu waktu yang mungkin tidak sebentar untuk menghitung ulang modal awal.

Setelah mengetahui kelemahan bisnis property ini, ada beberapa saran dan strategi untuk kita yang berkeinginan memulai bisnis property ini, di antaranya:

  1. Membeli properti di lokasi strategis akan memberikan keuntungan dalam bentuk kenaikan harga yang tinggi.
  2. Pemilihan kota yang sedang berkembang  merupakan faktor yang memiliki pengaruh yang besar terhadap pembangunan bisnis properti karena dengan pertumbuhan kota yang tinggi bisa menjadi faktor yang akan menambah keuntungan bisnis ini.
  3. Membeli properti yang masih dalam tahap penawaran akan memberikan investor harga yang lebih rendah daripada properti yang sudah selesai dibangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *