You are here: Home / Bisnis / Langkah-langkah Memulai Bisnis Internet

Langkah-langkah Memulai Bisnis Internet

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat menimbulkan banyak perubahan yang berkaitan dengan aktivitas kehidupan manusia sehari-hari. Teknologi yang canggih semakin memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, salah satunya dalam hal jual beli. Salah satu teknologi yang membawa dampak yang cukup besar bagi model jual beli adalah teknologi internet. Kini, proses jual beli dapat dilakukan secara online atau melalui internet. Antara penjual dan pembeli tidak perlu lagi melakukan tatap muka atau bertemu langsung karena interaksi dapat dilakukan secara online di dunia maya. Peminat model jual beli online kini semakin menjamur. Pangsa pasar dan peluang usaha online yang cukup tinggi membuat semakin banyak pengusaha atau pebisnis yang ikut terjun dalam bisnis berbasis internet atau bisnis online. Bagi Anda yang ingin memulai melakukan bisnis dengan memanfaatkan media internet, berikut ini adalah langkah-langkah memulai bisnis internet yang harus Anda terapkan agar bisnis yang Anda jalankan dapat efektif dan berhasil

Membuat Akun atau Situs Jualan

Jika usaha jual beli konvensional memerlukan toko atau lapak untuk mendisplay produk yang kita dagangkan, akun atau situs jualan dapat dikatakan sebagai toko atau lapak kita di dunia internet. Melalui akun dan situs jualan tersebut, kita bisa mendisplay atau memajang barang-barang jualan kita dalam bentuk foto produk dan spesifikasi masing-masing barang. Kita dapat membuat akun di beberapa media sosial yang cukup digemari dan memiliki banyak pengguna, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Baca Juga:Jenis-Jenis Bisnis Internet yang Mendatangkan Keuntungan Besar

Bedakan antara situs atau akun pribadi dengan akun jualan, atau dengan kata lain tulislah nama toko kita sebagai identitas/ nama akun. Sebagai contoh, membuat akun dengan nama: Rumah Mode Beauty Hijab, atau nama-nama lain yang menunjukkan identitas nama toko kita. Sebagaimana toko konvensional, tentu nama toko yang kita miliki lebih sering tidak menggunakan nama pemiliknya. Jangan lupa, tulislah alamat dan identitas yang jelas pada keterangan akun tersebut, yaitu dengan menulis alamat tempat tinggal kita sebagai pemilik toko, nomor kontak kita yang dapat dihubungi calon pembeli, dan keterangan-keterangan lain yang akan memudahkan calon pembeli untuk menghubungi kita. Menuliskan identitas yang jelas dan lengkap akan menumbuhkan kepercayaan di mata calon pembeli bahwa bisnis internet yang kita jalankan tersebut benar-benar nyata, tidak fiktif. Sementara untuk situs, kita dapat membuat situs misalnya: www. rumah beautyhijab. com. Yang berisi foto-foto barang-barang yang kita perjual belikan.

Menentukan Segmen Calon Pembeli

Sebagai penjual, kita tentu sudah memiliki target pasar atau calon pembeli. Misalnya ketika menjual hijab, target pembeli kita tentu adalah kalangan muslimah. Dalam bisnis internet, kita juga harus menentukan segmen calon pembeli, sebab di dunia maya terdapat jutaanm pengguna yang memiliki minat yang berbeda-beda terhadap suatu produk dagangan. Untuk itu, kita harus menyasar grup-grup di dunia maya yang sesuai dengan segmentasi barang dagangan kita, jangan pernah menawarkan barang dagangan kita secara random atau secara acak karena tidak akan efektif dalam menarik pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *