You are here: Home / Bisnis / Kiat Sukses Untuk Usaha Modal Kecil

Kiat Sukses Untuk Usaha Modal Kecil

Kiat Sukses Untuk Usaha Modal KecilAda banyak orang memimpikan bila suatu hari nanti bisa menggapai mimpi menjadi seorang enterpreneur yang sukses. Akan tetapi pada kenyataannya, menjadi seorang pengusaha yang berhasil bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Selain butuh mempersiapkan mental pejuang tidak dapat dipungkiri memiliki usaha sendiri harus juga memerlukan modal. Tidak semua orang yang berkeinginan menjadi wiraswasta dianugerahi pula kemampuan finansial mapan. Biasanya bila sudah begini banyak orang yang mundur ketika harus berhadapan dengan yang namanya uang. Padahal jika mau berusaha, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapat suntikan modal.

Untuk kamu yang masih bermasalah dengan modal kecil,  berikut beberapa kiat sukses untuk memulai usaha modal kecil :

  • Klasifikasikan kebutuhan dalam beberapa kategori agar kamu bisa menentukan skala prioritasnya

Keinginan untuk membuka usaha sendiri bisa jadi terhambat jika kamu tak punya cukup modal. Maka dari itu, langkah paling pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat daftar kebutuhan dan mengklasifikannya. Hal ini ditujukan agar kamu dapat mengalokasi dana minimmu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kondisimu yang hanya punya modal minim justru semakin parah karena tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Kamu dapat mulai membagi kebutuhan ke dalam tiga jenis yakni : kebutuhan jangka pendek, menengah, dan panjang. Cara menentukan kebutuhan apa masuk kategori mana dapat dilihat seberapa esensialnya kebutuhan tersebut terhadap kelangsungan bisnis itu sendiri.

  • Alokasikan danamu untuk kebutuhan jangka pendek dan menengah terlebih dahulu

Manfaatkan dana yang tersedia untuk membiayai kebutuhan yang berada pada kategori kebutuhan jangka pendek dan menengah.

Baca Juga: Kiat Bisnis Online Tanpa Modal

  • Ketika belum sanggup menggaji karyawan, keahlian teman-teman seperjuangan pun bisa dimanfaatkan

Kalau punya modal besar, kamu hanya perlu membuka lowongan dan mencari orang yang akan dijadikan karyawan. Tentu mudah melakukan ini karena kamu bisa memberi gaji. Tapi bagaimana caranya kalau ternyata uangmu hanya ala kadarnya? Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengajak teman dengan visi yang sama untuk bergabung dan menjadikan mereka pekerja sekaligus pemodal. Kalian bisa bekerja sama membesarkan usaha sesuai dengan keahlian yang dipunyai. Temanmu yang ahli web design bisa ditugaskan untuk bekerja membuat website perusahaan dan kebutuhan desain lainnya. Sementara teman satunya yang adalah anak manajemen bisa diminta untuk membuat bussiness plan. Nah kalau kamu sendiri adalah anak komunikasi, kamu pun bisa menyusun strategi komunikasi pemasaran agar produkmu dapat diterima dengan baik oleh pasar.

  • Menyewa gedung untuk kantor mungkin akan menghabiskan banyak dana, tak ada salahnya menggunakan rumah sebagai tempat kerja sementara

Karena biaya sewa gedung yang akan dijadikan kantor tidaklah murah, kamu yang baru saja merintis usaha tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan hal itu. Sebagai gantinya gunakan rumahmu atau rumah milik partner bisnismu sebagai kantor sementara. Selain rumah, kalian juga bisa memanfaatkan working-hub yang sekarang banyak tersedia untuk dijadikan tempat kerja sementara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *