You are here: Home / Bisnis / Kiat Bisnis Online Tanpa Modal

Kiat Bisnis Online Tanpa Modal

Sudah menjadi gejala umum di Indonesia bahwa banyak orang yang ingin menjadi pebisnis namun bingung dari mana akan memulai usahanya. Tidak sedikit calon pebisnis atau pebisnis pemula yang beranggapan bahwa untuk berbisnis dibutuhkan modal yang besar. Modal atau dana merupakan kendala utama mengapa calon pebisnis enggan memulai usahanya. Kekhawatiran bahwa ia tidak dapat mengembalikan modal yang dikeluarkannya terus membayangi kebanyakan calon pebisnis sehingga mereka malah ragu untuk memulai usahanya. Imbasnya, usaha yang diangan-angankannya tidak pernah terealisasikan karena kekhawatiran yang terlalu besar. Padahal, banyak bidang bisnis yang tidak memerlukan modal besar dan bahkan dapat dijalankan di rumah. Perkembangan teknologi membuat bidang usaha atau bisnis kini dapat dilakukan secara online, melalui modal yang sedikit atau bahkan nyaris tanpa modal. Berikut ini adalah kiat bisnis online tanpa modal yang bisa dicoba oleh para pemula.

Menjadi Reseller

Reseller atau penjual ulang merupakan pedagang-pedagang kecil yang bertugas untuk menjualkan atau mempromosikan barang dagangan yang dimiliki oleh produsen atau penjual yang lebih besar. Produsen atau penjual yang lebih besar umumnya mencari mitra kerja untuk menjualkan produk dagangannya dan memasarkannya secara lebih luas. Nah, seorang reseller ini tugas utamanya adalah memasarkan produk dagangan dan mencari pembeli, setelah ada pembeli dan peminat atas sebuah produk, barulah sang reseller tersebut menghubungi sang produsen agar barang yang dibutuhkan si calon pembeli segera dikirimkan.

Dalam bisnis online atau jual beli secara online terdapat hukum bahwa si pembeli harus melunasi terlebih dahulu beaya atau harga dari barang yang akan dibelinya tersebut. Dengan memanfaatkan uang yang dikirim oleh si pembeli, seorang reseller dapat membayar secara cash kepada si produsen. Dengan metode ini, reseller tidak hanya memperoleh keuntungan dari selisih harga yang diperolehnya dari produsen ke harga yang dibebankannya kepada penjual, namun juga tidak perlu mengeluarkan modal karena modal untuk membeli barang ke produsen berasal dari uang kiriman pembeli. Menjadi reseller merupakan pilihan paling realistis bagi pebisnis pemula yang tidak memiliki cukup modal.

Baca Juga:Jenis-Jenis Bisnis Internet yang Mendatangkan Keuntungan Besar

Menjadi Dropshiper

Perbedaan mendasar reseller dengan dropshiper adalah, jika ketika menjadi reseller kita masih harus mengirim langsung kepada pembeli dan produsen masih harus mengirim produknya pada kita, menjadi dropshiper lebih simpel lagi tugasnya, dan boleh dikatakan hanya sebagai mediator antara produsen dengan pembeli. Dropshiper memiliki tugas memasarkan dan mencari pembeli, namun tidak harus mengirim barang, sehingga tenaga dan beaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Ketika seorang dropshiper sudah mendapatkan pembeli dan si pembeli sudah mengirimkan uang, ia harus segera menghubungi produsen. Nah, si produsen tersebutlah yang akan mengirimkan barang secara langsung ke pembeli dengan nama pengirim atas nama kita/ dropshipernya.

Keuntungan yang diperoleh dari menjadi resller dan dropshiper cukup lumayan bahkan bisa sangat besar dengan catatan harus rajin melakukan promosi sehingga mendapatkan banyak pembeli. Itulah beberapa kiat bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba sebagai pintu masuk untuk memulai usaha yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *