You are here: Home / Bisnis / Keuntungan Menjalankan Usaha Online Dibandingakan Usaha Konvensional

Keuntungan Menjalankan Usaha Online Dibandingakan Usaha Konvensional

Dunia bisnis mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi dan informasi. Awalnya kegiatan bisnis dilakukan secara langsung, namun dengan adanya teknologi dan internet kegiatan bisnis bisa dilakukan di dunia maya atau dikenal dengan istilah usaha online.

Berbeda dengan usaha konvensional, menjalankan bisnis online transaksi dan kegiatan antara penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung. Salah satu contohnya bisnis jual beli online, pembeli bisa melihat barang yang dijual berdasarkan foto atau gambar yang di-upload oleh penjual. Sedangkan sistem pembayarannya umumnya menggunakan transfer antar bank.

Jika Anda tertarik menjalankan usaha online, sebaiknya pahami apa yang dimaksud dengan bisnis online, apa keuntungan dan kerugiannya. Nah, ikuti pembahasannya berikut ini:

Pengertian Bisnis Online

Secara sederhana yang dimaksud dengan bisnis online adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan menggunakan media atau jaringan di dunia internet. Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel kegiatan bisnis online antara penjual dan pembeli tidak bertemu langsung. Artinya segala kegiatan bisnis dilakukan di dunia maya. Untuk lebih jelasnya berikut ini perbedaan bisnis online dengan bisnis offline (konvensional)

Perbedaan Bisnis Online Dan Offline

Bisnis online dan offline memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaanya adalah kedua-duanya melibatkan antara penjual, pembeli dan barang/ jasa. Sedangkan yang membedakannya adalah proses dan sistem pembayarannya. Pada bisnis online proses kegiatannya tidak ada pertemuan langsung antara pembeli dan penjual. Selain itu tidakmembutuhkan tempat untuk jual beli.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Usaha Online Sangat Menguntungkan

Sistem pembayaran online umumnya dilakukan melalui rekening setelah terjadi pemesanan, baru kemudian barang dikirim. Sedangkan  penjualan offline barang langsung diterima ke pembeli dan pembayarannya dilakukan langsung pada waktu itu juga.

Keuntungan Dan Kekurangan Bisnis Online

Baik bisnis online maupun offline memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Dalam pembahasan ini kita akan fokus membahas keuntungan dan kekurangan bisnis online. Berikut ini kelebihan menjalankan bisnis online untuk para penjual :

  • Jangkauan pasar lebih luas ke seluruh pelosok Indonesia bahkan memungkinkan sampai ke mancanegara.
  • Tidak terbatas waktu. Artinya, menjalankan bisnis online bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun juga
  • Modalnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan bisnis offline karena menjalankan bisnis online tidak membutuhkan sewa tempat untuk berjualan.

Selain memiliki kelebihan, bisnis online juga memiliki kekurangan seperti: semakin banyaknya pesaing membuat Anda harus berpikir lebih kreatif dan membangun kepercayaan konsumen. Selain itu kelemahan bisnis ini adalah tergantung koneksi internet, jadi Anda harus siap dengan kiuota internet.

Kunci keberhasilan menjalankan usaha online maupun offline adalah belajar dan disiplin. Selain itu pengetahuan seputar marketing internet merupakan modal penting agar bisnis yang Anda jalani berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *