You are here: Home / Bisnis / Kerja Online Sebagai Freelancer

Kerja Online Sebagai Freelancer

Kerja online freelancer di Indonesia berbeda lho dengan negara lain. Mengapa demikian? Di luar negeri, freelancer merupakan pekerjaan yang diminati karena waktu kerja yang tidak mengikat dan pekerja mempunyai wewenang penuh dalam menentukan jenis pekerjaan yang ingin di kerjakan. Kesepakatan antara pemberi kerja dan penerima pekerjaan adalah satu-satunya yang mengikat antara keduanya. Jika salah satu pihak melanggar maka perjanjian tersebut batal, kecuali ada kesepakatan baru yang dibuat oleh kedua belah pihak. Pekerjaan freelance atau tenaga lepas, biasanya mendapatkan bayaran lebih besar dibandingkan tenaga karyawan tetap. Karena jenis pekerjaan yang dilakukan oleh freelancer atau tenaga lepas hanya bersifat sementara, namun dilakukan dalam waktu yang relatif lebih singkat daripada karyawan biasa. Pekerja freelancer terus mendapatkan pekerjaan karena menjaga reputasi dari hasil kerja mereka. Sehingga wajar jika kualitas pekerjaan mereka jauh melebihi pekerjaan karyawan-karyawan tetap pada perusahaan yang sudah terjamin dengan gaji dan tunjangan.

Lalu mengapa bisa terjadi perbedaan pandangan seperti disebutkan di awal paragraf? Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman bagi beberapa pemberi kerja yang menggunakan jasa pekerja lepas. Mereka kira, pekerja freelance adalah orang-orang yang mau bekerja dengan di bayar murah dan mau bekerja 24 jam nonstop tanpa memikirkan kesehatan mereka dan tanpa mendapat tunjangan dalam bentuk apapun. Para pemberi kerja tersebut tidak paham bahwa di balik uang yang mereka bayar tersebut ada pula hak pekerja untuk mendapatkan kesejahteraan. Kesejahteraan tersebut merupakan hak setiap pekerja seperti yang dijelaskan pada Undang-Undang Ketenagakerjaan, baik pekerjaan secara konvensional atau kerja online.

Baca Juga: Informasi Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Jika di lihat dari kacamata etimologi, freelance atau freelancer sejak tahun 1950 semakin sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Walau pada awal penggunaan kata freelance pada awal abad 19th atau lebih tepatnya pada tahun 1820, kata tersebut lebih bermakna sebagai mercenary (pembunuh bayaran). Namun, mengikuti perkembangan jaman, makna freelance semakin meluas dan sekarang meliputi makna pekerja yang bekerja pada perusahaan yang berbeda pada waktu yang berbeda tanpa mendapat bayaran tetap seperti karyawan pada umumnya, tanpa ada ikatan atau keberpihakan pada satu perusahaan. Singkat kata adalah, freelance adalah orang-orang yang bekerja dengan mengharapkan bayaran yang sebanding dengan pekerjaan yang di lakukannya. Dan yang paling penting adalah freelancer selalu menyelesaikan pekerjaan yang diterimanya. Dan kini semakin banyak freelancer yang memasarkan jasanya di internet untuk mendapatkan kerja online.

Biasanya freelance berhubungan dengan penulis. Kini, makna tersebut semakin luas dan meliputi pekerjaan entri data hingga para programmer. Bahkan semakin banyak penyedia jasa informasi pekerjaan bagi para freelancer yang dapat di akses melalui situs online. Beberapa situs tersebut antara lain Freelancer.com, Sribulancer.com, Project.co.id, Kalibrr.com dan masih banyak lagi situs yang menawarkan produk jasa yang seperti itu. Maka, tidak perlu risau atau resah jika menginginkan jalur pekerjaan freelance karena dengan menjadi seorang freelancer, kamu yang menentukan apakah kamu mau bekerja atau tidak. Tentu dengan semua konsekuensi yang ada. Selamat bekerja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *