You are here: Home / Bisnis / Jual Rak Dinding Hasil Karya Sendiri Ternyata Menguntungkan

Jual Rak Dinding Hasil Karya Sendiri Ternyata Menguntungkan

rak-dinding

Sekarang ini sudah marak sekali di kalangan masyarakat Indonesia, tentang penataan dan desain perabotan yang ada di suatu rumah. Kebanyakan rumah di Indonesia, lebih memiliki model dan bentuk yang biasa-biasa saja. Di dalam rumah pun penataannya juga tak cantik. Dulu untuk menata rumah, memerlukan usaha dan biaya yang cukup tinggi. Namun beda halnya dengan sekarang. Anda bisa menambahkan perabotan yang super serbaguna di rumah Anda. Desain rumah pun akan terlihat cantik dan elegan hanya dengan sebuah rak dinding. Untuk menemukan perabot satu ini, cukup di outlet perabot rumah tangga atau furniture. Karena mereka jual rak dinding dengan berbagai bentuk dan jenis.

Walaupun banyak yang jual rak dinding. Sebenarnya Anda bisa membuat perabotan ini sendiri. Karena hasil karya sendiri apabila ditempatkan dirumah pasti jauh lebih membanggakan dan lebih bisa dibentuk sesuai dengan keinginan hati. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak. Mengapa Anda tidak mencoba untuk membuat rak dinding sendiri? Dan yang perlu Anda tahu, bahan-bahan untuk membuat rak dinding juga mudah sekali.

Disini ada beberapa cara membuat rak dinding dengan bahan-bahan yang mudah. Cara-cara tersebut adalah:

  • Siapkan bahan-bahan

Untuk membuat rak dinding, sebenarnya banyak bahan yang bisa digunakan. Bisa menggunakan triplek tebal, kayu, ataupun kardus tebal. Sesuaikan bahan dengan kebutuhan. Misalkan jika Anda ingin menaruh barang-barang berat seperti radio, vas bunga, jam weker, dan lain sebagainya maka Anda perlu menggunakan bahan yang kuat. Namun jika rak sebagai hiasan, dan ingin ditaruh perabotan ringan seperti buku, foto, lilin. Maka Anda bisa menggunakan kardus tebal. Bahan lainnya siapkan pensil, paku, tali gunung, pensil, cat warna, lem kayu atau lem uhu, dan alat penyangga.

  • Mulailah membuat rangka

Jika semua bahan sudah disiapkan. Anda harus membayangkan rangka apa yang ingin dibuat. Apakah rak bermodel minimalis hanya papan biasa, atau bermodel segi 3,5,6, atau juga bisa bermodel abstrak tak menentu. Gariskan dan gambarlah bentuk-bentuk tersebut ke dalam bahan. Jika Anda ingin membuat rak biasa, cukup buat persegi panjang yang berukuran 35 cm x 80 cm. Apabila Anda ingin membuat gaya abstrak, maka potong bagian dengan ukuran terserah Anda namun harus bisa disambung-sambungkan dengan tepat menggunakan lem.

  • Warnai rak

Apabila rangka yang diinginkan dan dibuat sudah berbentuk. Maka proses selanjutnya adalah pewarnaan rak. Banyak orang menginginkan warna cantik yang cerah pada rak yang menempel pada dinding. Ini dikarenakan jika berwarna cerah, bisa terlihat seperti hiasan dinding. Bisa juga dengan warna yang berbeda atau sama dengan cat dinding, dan yang paling umum adalah cat warna cokelat kayu. Cat semua permukaan dengan 1 lapisan terlebih dahulu. Jangan terlalu tebal, karena bisa jadi Anda tidak suka dengan hasilnya. Jika warna tipis yang sudah diberikan kurang disukai, Anda bisa mengubahnya dengan mudah.

  • Pasang dan tata rak

Jika semua rak dinding sudah diwarnai dengan cantik, sekarang sudah waktunya pemasangan. Anda bisa memasangkan dengan cara penyangga, atau dengan cara tali menahan beban pada rak. Ini tergantung pada selera Anda. Jika rak ditaruh di bagian rumah yang rapi, sebaiknya rak dipasangkan dengan model disangga. Namun jika ingin ditaruh di taman atau bagian sedikit messy, pasangkan saja tali untuk menahan beban. Karena jauh lebih cantik. Anda juga bisa jual
rak dinding  hasil karya Anda jika memang dirasa ingin dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *