You are here: Home / Bisnis / Jasa Desain, Bisnis Kreatif Minim Modal dengan Prospek Bagus

Jasa Desain, Bisnis Kreatif Minim Modal dengan Prospek Bagus

Bekerja melalui internet kini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat sejak teknologi internet semakin merakyat. Salah satu jenis bisnis di internet yang banyak dilakukan adalah jasa desain grafis. Bisnis kreatif ini memang diminati oleh banyak orang lantaran untungnya yang lumayan serta berprospek hingga jangka panjang. Hampir semua bisnis memang butuh jasa desain untuk suatu keperluan tertentu misalnya desain kartu nama, desain banner, desain ruangan dan lainnya sehingga bisnis ini bisa dibilang adalah bisnis yang mampu memberikan prospek di jangka panjang nantinya.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam mendesain, maka bisa juga mencoba untuk terjun dalam bidang ini. Untuk yang masih bingung memulainya dari mana, maka berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin terjun dalam usaha desain grafis:

  • Skill desain – Yang pertama dan yang paling utama adalah kemampuan Anda dalam mendesain. Jika Anda tidak bisa mendesain, lalu apa yang akan Anda jual? Oleh karena itu skill desain mumpuni wajib untuk dimiliki. Selain itu, kemampuan Anda juga harus diimbangi dengan penggunaan software pendukung sehingga bisa menyempurnakannya.
  • Portofolio – Mengingat bisnis kreatif untuk jasa desain ini tidak berbentuk produk namun jasa, maka Anda harus bisa membuktikan jika Anda memang berkualitas. Caranya adalah dengan memberikan portofolio atau daftar hasil kerja yang sudah Anda lakukan. Hasil kerja ini bisa berbentuk kliping, foto dan lain sebagainya.
  • Media promosi – Agar publik bisa mengetahui bisnis yang Anda jalankan, maka Anda harus mempromosikan kepada semua orang baik di offline maupun secara online. Jika memungkinkan, buatlah domain sendiri sehingga lebih terlihat berkualitas dibanding hanya memanfaatkan sosial media. Jangan lupa juga untuk menampilkan beberapa karya yang sudah Anda buat sebelumnya.

Baca Juga: Ciptakan Peluang Bisnis Kreatif Sendiri dengan Cara Ini!

Untuk jenis jasa desain sendiri sangat beragam di pasaran sehingga Anda bisa memilih secara spesifik atau kesemuanya, diantaranya:

  • Jasa desain grafis – jasa ini biasanya menyediakan jasa untuk membuat logo perusahaan, banner hingga kartu nama dan lainnya.
  • Jasa desain interior – selanjutnya ada juga jasa mendesain interior baik interior untuk rumah hingga ruang usaha atau perkantoran.
  • Jasa desain website – mengingat kini website bisa jadi media berjualan, maka jasa desain website ini banyak dicari agar bisa dalam urutan teratas mesin pencarinya, menata letak tiap menu dan masih banyak lagi.

Bisnis kreatif yang satu ini memang kini sudah mulai menjamur sehingga Anda memiliki banyak saingan di luar sana. Meski begitu, Anda tetap punya kesempatan asalkan mau berpromosi dengan lebih gencar, mempertimbangkan kebutuhan konsumen, respon cepat dan mematok harga yang realistis. Dengan cara ini, maka bisnis jasa desain Anda akan lebih banyak dipercaya konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *