You are here: Home / Bisnis / INVESTASI SYARIAH TANPA RIBA

INVESTASI SYARIAH TANPA RIBA

Belakangan ini, membeli sebuah produk secara cash atau langsung menjadi sorotan hangat beberapa warga muslim. Karena dengan cash, artinya mereka menghindari pembelian sistem kredit yang banyak melibatkan bunga. Untuk itu cara yang mereka gunakan untuk mendapatkan sebuah barang adalah dengan menabung. Dengan begitu, barang-barang tersebut menjadi investasi syariah tanpa riba seperti yang mereka harapkan selama ini.

Bicara bunga, sama halnya bicara kelebihan uang, artinya bicara riba. Untuk beberapa warga Muslim, hal ini mulai mereka hindarkan. Mereka lebih memilih untuk menjalankan sistem bagi hasil yang diterapkan instansi atau pebinis Muslim dengan perhitungan disesuaikan berdasarkan hukum Islam.

Barang-barang apa saja yang bisa diinvestasikan secara syariah? Tentunya tidak semua barang. Karena investasi ini melibatkan hukum agama, maka yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti aturan hukum Islam itu sendiri. Sehingga investasi syariah tanpa riba ini berjalan pada koridor yang tepat. Untuk mengetahui barang-barang apa saja yang bisa diinvestasikan, silakan simak kriteria di bawah ini:

  • Barang yang tidak diharamkan

Semua jenis barang yang diharamkan tidak layak untuk diivestasikan. Salah satu contohnya adalah barang curian. Jika memang barang yang diinvestasikan itu adalah barang haram, maka dipastikan keberadaanya tidak akan memberikan barakah untuk orang yang menginvestasikannya. Percaya atau tidak, ada saja keburukan yang terjadi dalam hidup pelaku investasi tersebut, karena ranah ini ada campur tangan Allah, pemilik kehidupannya.

Baca Juga:Mengenal Investasi Syariah

Karenanya pilihlah barang-barang atau sesuatu apapun yang tidak haram untuk diinvestasikan. Kalau memang ingin mobil, belilah mobil dengan cara halal. Bukan dengan mencuri atau menipu si penjual.

  • Barang yang memiliki manfaat baik

Banyak barang mewah di sekeliling kita. Harganya pun sampai ratusan juta, bahkan lebih. Tapi dari semua barang itu, tidak semuanya barang itu bermanfaat. Malah beberapa barang yang dijadikan investasi kerap dijadikan hiasan belaka. Sehingga fungsi sesungguhnya tidak lagi berguna. Atau barang tersebut masuk ke dalam kategori barang yang manfaatnya bisa diwakilkan dengan barang serupa.

Coba kalau barang itu berbentuk rumah, bagaimana? Jelas barang itu sangat memiliki manfaat baik untuk seisi rumah. Bukan hanya akan memberikan perlindungan dari panas dan hujan, tapi memberikan manfaat lainnya juga. Perlindungan dari tindak kejahatan, tempat istirahat yang nyaman, dan sebagainya.

  • Barang yang menunjang kesehatan

Investasi yang tidak kalah penting adalah barang-barang yang menunjang kesehatan. Karena ketika Anda sehat, Anda mampu melakukan banyak kebaikan di muka bumi ini. Sehingga barang-barang yang menunjang kesehatan sangat pantas untuk dijadikan investasi. Memang bentuk barangnya ada yang akan habis kalau bentuknya supplement, tapi kalau bentuknya barang juga, tidak akan habis. Namun begitu, yang terpenting adalah hasil dari barang-barang itu ke tubuh Anda.

Demikian 3 kriteria yang barang yang bisa dijadikan investasi syariah tanpa riba, tentu tetap dengan transaksi yang tidak melibatkan bunga-bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *