You are here: Home / Bisnis / Inilah 4 Poin Penting yang Harus Ada dalam Laporan Bisnis
Inilah 4 Poin Penting yang Harus Ada dalam Laporan Bisnis

Inilah 4 Poin Penting yang Harus Ada dalam Laporan Bisnis

Laporan bisnis seperti penulisan bisnis dalam bentuk apa pun, sebagian besar didorong oleh tujuan, ada beberapa gagasan baru untuk diajukan atau hasil penting untuk disampaikan. Cara paling sukses untuk menyampaikan materi yang digerakkan oleh tujuan adalah melalui tulisan yang jelas dan ringkas. Pikirkan dengan hati-hati tentang elemen-elemen yang perlu dimasukkan ke dalam menciptakan tulisan bisnis yang ditulis dengan sangat tajam, persuasif, dan bahkan bernada rapi.

 Inilah 4 Poin Penting yang Harus Ada dalam Laporan Bisnis

Mengedit dan mengoreksi sebagian besar pekerjaan ketika Anda selesai menulis laporan memo Anda, saatnya untuk memotong semua yang tidak memenuhi tujuan konten. Baca kembali tulisan Anda sesering mungkin, idealnya setelah setiap pengeditan signifikan, dan bacalah dengan keras. Lebih mudah menangkap kesalahan saat Anda benar-benar dapat mendengarnya. Mundur dari laporan Anda dan kembali satu jam, atau beberapa jam, nanti.

Ikuti empat kiat berikut ini tentang cara menulis memo atau laporan dalam sebuah bisnis:

  • Tentukan tujuan Anda.

Identifikasi tujuan Anda sebelum Anda mulai menulis memo atau laporan Anda. Ini akan menghemat banyak waktu untuk menulis ulang di kemudian hari dan mencegah rasa tidak beralasan dari merayap ke konten Anda. Gunakan strategi penulisan investigatif untuk mendapatkan jawab pertanyaan seperti, siapa, apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.

  • Ringkas, aktif, bahasa terlibat.

Saat Anda menulis laporan bisnis, fokuslah untuk menyampaikan maksud dengan cepat tanpa mengorbankan nada profesional, jernih dan ringkas. Jangan menyimpang dari sudut Anda dan jangan membebani teks dengan bahasa yang padat atau jargon yang tidak perlu. Gunakan bahasa yang sederhana, tetapi jangan membosankan juga. Buat konten Anda tetap menarik dengan menggunakan kalimat aktif. Perhatikan ekspresi pasif atau kata-kata kasar.

  • Atur Ide Anda untuk kejelasan dan koherensi.

Laporan atau memo bisnis Anda perlu mewakili perkembangan pemikiran yang logis agar mudah dibaca dan semua detail penting mudah dipahami. Buatlah garis besar untuk diri sendiri yang dapat membantu Anda membuat struktur yang jelas untuk diikuti.

  • Panduan menguraikan.

Mulailah dengan bagian pengantar, dan akhiri dengan bagian penutup. Tuliskan deskripsi singkat untuk setiap topik atau judul dalam garis besar Anda untuk membantu Anda menyempurnakan pemikiran Anda dan menyusun ulang struktur garis besar sesuai kebutuhan. Panduan umum yang harus diikuti adalah:

  • Pendahuluan atau Latar Belakang.
  • Tujuan.
  • Investigasi atau Penjelasan.
  • Hasil atau Kesimpulan.
  • Saran untuk tindakan atau deskripsi dari Suatu Tindakan.

Anda akan melihatnya dengan mata yang segar dan mungkin memperhatikan sesuatu yang tidak Anda lakukan sebelumnya. Mengikuti kiat-kiat yang ada di atas akan memberi Anda dorongan yang menginspirasi ke arah yang benar saat menuliskan laporan bisnis. Jika Anda menuliskan laporan dengan baik, maka hal ini pun juga akan memberikan rasa kepercayaan diri yang tinggi pula bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *