You are here: Home / Bisnis / Ini yang Membuat Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional
Ini yang Membuat Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional

Ini yang Membuat Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional

Memiliki bisnis yang sukses di usia muda tentu menjadi impian para anak muda zaman sekarang. Namun untuk sampai ke tahap itu pastinya memerlukan banyak perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Tidak hanya berupa materi saja, juga harus rela mencurahkan segala daya pikiran dan tenaga untuk mengelolanya. Memang benar jika usia tidak menjadi kendala seseorang menjadi seorang pebisnis profesional yang sukses. Karena banyak juga kita jumpai para businessman sukses di usia mereka yang terbilang muda. Dan tentu saja hal itu tidak diperoleh secara instan.

 Ini yang Membuat Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional

Meskipun banyak pengusaha muda yang sukses, namun tak sedikit juga beberapa diantara mereka yang mengalami kegagalan. Kebanyakan dari mereka menganggap jika membuka usaha lebih mudah dibandingkan harus bekerja kantoran. Mereka terlalu meremehkan dunia bisnis, sehingga berpikir mudah untuk membangun bisnis dan mendapatkan keuntungan yang melimpah. Padahal persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat. Kurang strategi saja bisa kalah saing dengan para pebisnis lainnya. 

Kegagalan anak muda menjadi seorang pebisnis profesional bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Diantara yang sering terjadi di lapangan adalah sebagai berikut:

  • Menganggap wirausaha adalah profesi untuk semua orang.

Ada pepatah yang mengatakan “Wirausaha Untuk Semua Orang” sehingga memunculkan pikiran bahwa semua orang termasuk anak muda bisa menjadi seorang pengusaha. Namun yang harus dipahami, untuk menjadi wirausaha harus memiliki sifat-sifat serta tindakan yang dibutuhkan untuk menunjangnya. Sehingga tidak serta merta bisa bertransformasi menjadi seorang wirausaha sukses dalam sekejap. Hal inilah yang sering terjadi pada anak muda hingga mengakibatkan gagal dalam meraih kesuksesan dalam bisnis. Untuk itu, bekali diri dengan sifat, kemampuan, dan tindakan yang dibutuhkan sebelum melangkah ke bisnis yang diimpikan.

  • Mendahulukan kepentingan diri sendiri.

Dalam dunia bisnis, networking sangatlah penting demi kemajuan usaha. Kita tidak bisa berdiri sendiri karena pastinya harus berhubungan dengan orang lain. Sifat yang egois atau mementingkan kepentingan diri sendiri bisa menjauhkan dari kesuksesan. Ini juga yang sering terjadi pada anak muda yang tanpa mereka sadari menjadi penghalang keberhasilan usaha.

  • Tidak mau belajar dan beradaptasi.

Para pebisnis profesional sekalipun harus terus belajar agar bisnis mereka terus bertahan dan bisa bersaing dengan para kompetitornya yang lain. Mereka tidak hanya belajar dari kegagalan yang ada. Namun juga belajar dari sekitar mereka demi keberlangsungan usahanya. Tak jarang mereka pun terbuka dengan adanya kritik dan saran yang bisa membangun bisnisnya semakin baik. Selain itu mereka juga senantiasa beradaptasi dengan perubahan pasar dari waktu ke waktu. Sehingga usahanya mampu kokoh berdiri dari masa sekarang hingga ke depannya. Hal inilah yang harus ditanamkan pada anak muda yang ingin mendirikan usaha. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang sering mengabaikannya. Padahal karakter untuk mau belajar sangat diperlukan bagi mereka yang serius menekuni dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *