You are here: Home / Bisnis / Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya
Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya

Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya

Harus diakui, bisnis makanan sudah menjadi usaha yang seakan tak akan surut, bahkan peluangnya masih terbuka lebar. Ini karena makanan adalah pokok yang tidak bisa ditawar lagi. Soal pakaian atau kendaraan mungkin masih bisa ditahan, tapi kalau sudah masuk ke ranah perut dan lidah? Inilah alasan mengapa usaha jenis ini sangat layak untuk dipertimbangkan mengingat kesibukan orang jaman sekarang, menuntut segala sesuatu serba cepat dan efisien.

Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya

Nah, jika Anda penasaran apa saja kiat memulai bisnis makanan ini, simak postingan kali ini hingga tuntas. Jangan sampai usaha Anda hanya sekedar latah menjual makanan yang sedang nge-trend saja.

  • Modal Usaha

Sebisa mungkin hindari meminjam dana sebagai modal awal. Anda bisa menyesuaikan besaran modal dengan skala usaha yang akan Anda rintis. Selain itu, jangan lupa kelola modal Anda dengan bijaksana agar jangan sampai mengalami tekor atau minus di tengah jalan.

  • Lokasi

Menggeluti usaha kuliner, lokasi strategis menjadi satu faktor yang bisa menentukan seberapa sukses bisnis Anda. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang dan ada peluang mereka untuk melirik atau menengok tempat Anda. Boleh saja Anda menyewa ruko dekat pusat keramaian seperti halnya pasar, RS, sekolah, pertokoan ataupun pusat perkantoran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang penjualan dagangan Anda.

  • Nilai Jual

Hal yang juga menjadi faktor penting dalam bisnis makanan adalah menu yang ditawarkan atau nilai plus lain yang dapat menjual. Makin enak dan unik, maka semakin banyak pula pelanggan yang mampir. Anda bisa melakukan survei atau riset kecil-kecilan untuk poin yang satu ini.

  • Pilih Suplier Bahan Baku Terpercaya

Bahan baku makanan yang berkualitas akan menghasilkan citarasa masakan yang lezat pula. Pastikan bahwa suplier Anda menawarkan harga yang sepadan dengan kualitas bahan. Suplier merupakan gerbang Anda untuk mendapatkan bahan yang mungkin sedang langka di pasaran.

  • Rekrut Karyawan

Jika usaha Anda mulai ramai, maka demi memberikan pelayanan terbaik Anda harus merekrut karyawan. Berapa karyawan yang akan dipekerjakan tergantung jenis dan skala usaha Anda. Resto ataupun cafe pastinya butuh banyak karyawan, sementara usaha makanan gerobak mugkin 1 atau 2 karyawan sudah cukup.

  • Target Pelanggan

Sesuaikan jenis menu dengan target pasar Anda yang kemudian akan mempengaruhi nominal harga akan anda banderolkan. Harga yang murah belum tentu sesuai dengan selera beberapa orang, apalagi yang mahal. Jangan samapi menu Anda malah tidak laku.

  • Promosi

Promo yang cukup efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Pelanggan yang puas akan rasa dan pelayanan tak akan segan merekomendasikan tempat Anda kepada siapapun yang mereka temui. Namun Anda pun harus selalu mempertahankan kualitas bisnis makanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *