You are here: Home / Bisnis / Informasi Bisnis : Cara Sehat Atasi Persaingan dalam Bisnis

Informasi Bisnis : Cara Sehat Atasi Persaingan dalam Bisnis

Bersaing dalam bisnis adalah hal yang wajar terjadi. Tanpa adanya saingan bisnis, mustahil bisnis akan berkembang. Pelaku bisnis mungkin akan enggan membuat inovasi atau strategi untuk menarik konsumen tanpa adanya persaingan dalam bisnis. Persaingan memang selalu ada, tetapi cara menyikapinya yang harus bijak. Berikut ini informasi bisnis : cara sehat atasi persaingan dalam bisnis yang wajib Anda simak.

Pahami Pola Pikir Konsumen

Bisnis atau usaha tidak akan berjalan tanpa adanya konsumen. Konsumen biasanya akan memilih produk terbaik atau produk juara. Karenanya, Anda perlu untuk memahami benar pola pikir konsumen ini. Ini agar Anda bisa menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hati konsumen.

Jangan Takut Melakukan Inovasi

Konsumen selalu mencari produk terbaik sekaligus terunik. Anda bisa menangkap peluang ini dan melakukan inovasi pada produk Anda untuk menarik konsumen. Keunikan produk yang Anda tawarkan akan membuat konsumen tertarik sekaligus media iklan gratis. Buat strategi tertentu pada produk Anda agar menarik hati konsumen untuk membelinya.

Inovasi bisa didapat dari mana saja. Termasuk dari mempelajari produk lain yang telah lebih dulu ada. Tetapi, pastikan produk Anda berbeda dengan sumber inspirasi tadi, agar tidak dianggap penjiplak atau peniru. Fokuslah pada memperbaiki produk Anda daripada menjatuhkan produk lain.  

Perlu Mental Juara

Kalah dan menang, rugi dan untung, dalam bisnis adalah hal yang biasa. Jika ingin bertahan dalam bisnis, Anda harus punya mental juara untuk mengatasi persaingan. Mental juara artinya, Anda siap untuk untung dan menang sekaligus siap untuk kalah dan rugi. Dengan memiliki mental ini, Anda tidak akan jumawa dan percaya diri berlebih saat untung. Begitupula sebaliknya, Anda tidak akan mudah menyerah pada saat gagal atau kalah.

Rajin-rajinlah Cari Informasi

Selain memahami selera konsumen, penting bagi Anda untuk paham benar situasi dan kondisi pasar bisnis yang Anda geluti. Tetapi, jika Anda tidak mau repot-repot riset pasar, Anda bisa masuk ke dunia bisnis yang penuh persaingan. Persaingan justru bukti bahwa pada produk tersebut pasarnya sangat besar. Rajin-rajinlah cari informasi bisnis.

Lakukan Promosi

Anda juga perlu strategi dan cara tertentu untuk membuat konsumen tertarik dengan produk Anda dan kembali membelanjakan uang mereka untuk produk Anda. Lakukan promosi dengan baik.

Tapi perlu diingat juga, promosi artinya pemasaran produk. Anda bisa memasarkan produk Anda tetapi tidak dengan menjelek-jelekan atau menjatuhkan produk saingan, meski mereka memiliki produk serupa. Fokuslah pada menonjolkan kelebihan produk Anda daripada menjatuhkan produk lain.

Luaskan Jaringan

Meski di satu sisi pebisnis lain adalah saingan, Anda tetap harus membangun jaringan dengan mereka. Jadikan persaingan antar pebisnis adalah pemicu untuk semakin memperbaiki diri. Belajarlah dari pebisnis lain, agar bisa tahu mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari. Jaringan bisnis bisa jadi akan membantu Anda suatu saat nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *