You are here: Home / Bisnis / Ide Usaha Modal Kecil untuk Mahasiswa

Ide Usaha Modal Kecil untuk Mahasiswa

Seorang mahasiswa, tentunya ingin memiliki usaha sampingan agar dapat memperoleh keuntungan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Usaha sampingan yang dapat dijalankan tanpa mengganggu aktivitas perkuliahan, tentunya memang sangat dibutuhkan oleh mereka yang secara khusus berstatus sebagai mahasiswa perantauan. Selain tidak mengganggu waktu kuliah, usaha dengan klasifikasi modal yang kecil menjadi harapan utama mereka untuk dijalankan sembari menimba ilmu di bangku kuliah. Lalu usaha modal kecil seperti apakah yang dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa tanpa mengganggu waktu kuliah mereka? Berikut sedikit ulasan mengenai ide usaha yang mungkin dapat dijalankan oleh mereka yang berstatus sebagai mahasiswa.

Secara umum, seorang mahasiswa yang ingin menjalankan usaha pastinya akan menemui berbagai kendala mulai dari waktu kuliah yang tidak menentu, keterbatasan waktu yang dimiliki, jaringan bisnis yang belum luas, hingga tempat usaha yang mungkin belum dimiliki. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seorang mahasiswa yang ingin menjalankan usaha sampingan, sebaiknya memilih usaha yang dapat dijalankan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang mereka miliki, sehingga dapat meminimalisir pengeluaran modal dan kendala lainnya yang harus dihadapi.

Berikut ini beberapa ide usaha yang dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Ide Usaha 2017

  • Bisnis penjualan pulsa, bisnis ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan bagi para mahasiswa karena mereka hanya membutuhkan sebuah handphone, yang pastinya sudah mereka miliki. Hanya dengan menjadi anggota sebuah agen dan mendepositkan sejumlah dana, seorang mahasiswa sudah dapat menjalankan bisnis kecil ini, dengan memanfaatkan jaringan penjualan dari rekan-rekan mahasiswa mereka sendiri.
  • Bisnis penulisan artikel, bisnis ini dapat dijalankan sendiri ataupun hanya dengan bergabung dengan bisnis besar lainnya, yang memungkinkan Anda untuk dapat menjadi penulis artikel dari usaha penulisan artikel tersebut. Untuk menjalankan bisnis in, Anda hanya membutuhkan sebuah PC dengan jaringan internet didalamnya.
  • Bisnis reseller ataupun dropshipper berbagai produk, bisnis ini hanya memerlukan sebuah smartphone yang memungkinkan Anda untuk dapat menawarkan berbagai produk dari agen tempat Anda menjadi reseller, melalui jaringan internet.

Selain ide bisnis modal kecil tersebut diatas, masih terdapat banyak lagi bisnis modal kecil lainnya yang dapat Anda jalankan, tanpa menganggu aktivitas perkuliahan Anda, seperti jasa pengetikan, jasa pembuatan naskah, jasa desain website, dan ide bisnis lainnya, yang memungkinkan Anda menjalankannya dengan sistem online, sehingga tidak membutuhkan space usaha yang terlalu besar.

Agar ide usaha tersebut dapat Anda realisasi kan dengan baik, sebaiknya Anda menetapkan satu pilihan usaha saja dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Aturlah waktu sedemikian rupa, sehingga nantinya antara waktu belajar, kuliah dan waktu menjalankan usaha tidak saling bertabrakan. Jalin lah kemitraan dan jaringan secara lebih luas, agar nantinya usaha tersebut tetap dapat Anda jalankan meskipun Anda sudah lulus dari bangku kuliah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *