You are here: Home / Bisnis / Ide Usaha Cuci Motor, Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Ide Usaha Cuci Motor, Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Banyak orang yang ingin menjalankan bisnis namun bingung memilih ide usaha yang tepat dengan hasil yang menguntungkan. Walaupun sekarang ini banyak jenis usaha yang berpeluang, namun ada banyak hal yang harus dipikirkan dengan matang.

Seputar Peluang Usaha Cuci Motor

Salah satu peluang usaha yang sesuai dengan kondisi sekarang ini salah satunya adalah usaha cuci motor. Seperti kita ketahui sekarang hampir mayoritas penduduk Indonesia menggunakan motor sebagai sarana transportasi yang digunakan sehari-hari. Keuntungan menjalankan bisnis ini modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, yang diperlukan hanya peralatan khusus untuk mencuci motor.

Namun walaupun modalnya terbilang kecil, menjalankan usaha cuci motor tidak bisa sembarangan, diperlukan trik dan strategi yang tepat agar banyak di kunjungi pengendara motor. Misalnya, pemilihan tempat menjalankan ide usaha ini harus di area yang luas karena membutuhkan ruang untuk menyimpan motor yang akan dicuci.

Mengenai peralatan yang dibutuhkan ada beberapa alat penting/ utama yaitu: pompa air, selang, kompesor dan peralatan cuci pada umumnya seperti: ember, sabun, lap kering dsb.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Cuci Motor

Menjalankan bisnis ini bisa mendatangkan untung yang lumayan besar. Umumnya biaya cuci satu motor biayanya sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,- harganya tergantung daerah dimana Anda menjalankan bisnis ini. Jadi bayangkan dalam satu hari jika Anda berhasil mendapatkan konsumen sebanyak 30 motor, maka hasilnya bisa mencapai Rp 300.000,-. Jadi selama 1 bulan Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 900.000,-

Baca Juga: 8 Ide Usaha Ringan yang Cocok untuk Pemula

Kunci Keberhasilan Menjalankan Bisnis Cuci Motor

Menjalankan usaha cuci motor akan berhasil jika ditekuni dengan sabar. Selain itu penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Dengan pelayanan terbaik tidak menutup kemungkinan konsumen bisa menjadi pelanggan tetap, bahkan bisa jadi mereka mempromosikan bisnis cuci motor yang Anda jalani ke teman-teman atau saudaranya.  Selain itu Anda bisa memberikan pelayanan lebih yang bisa dijadikan strategi marketing, misalnya : memberikan kupon setiap habis cuci motor, jika kupon yang dikumpulkan sudah sesuai dengan jumlah yang Anda tentukan, mereka mendapatkan pelayanan gratis cuci motor sebanyak 1 kali.

Keuntungan menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan keahlian khusus, jika Anda tidak tahu cara mencuci motor yang benar bisa mempelajari secara otodidak. Yang tidak kalah penting menjalankan bisnis ini agar sukses adalah manajemen yang baik.

Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya memulai bisnis ini? Anda bisa memulai usaha ini secara mandiri atau dijalankan sendiri. Namun jika Anda tidak ingin pusing mempersiapkan peralatan dan bagaimana konsep pemasarannya, bisa memilih konsep bisnis warlaba.

Secara garis besar warlaba adalah jenis usaha dimana Anda menjalankan usaha atas nama brand perusahaan cuci motor yang Anda pilih. Menjalankan ide bisnis cuci motor sistem warlaba memberikan keuntungan seperti: Anda tidak perlu memikirkan peralatan dan analisis pasar, karena semua itu sudah disediakan oleh perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *