You are here: Home / Bisnis / Ide Bisnis Menggiurkan untuk Penulis

Ide Bisnis Menggiurkan untuk Penulis

Menulis merupakan kemampuan dan bakat yang tidak dimiliki semua orang. Selain karena bakat dari lahir, menulis juga merupakan kemampuan yang diperoleh melalui latihan yang rutin dan tekun, sehingga tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menuangkan pikirannya ke dalam tulisan. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan dan skil menulis, kemampuan ini dapat dijadikan lahan bisnis untuk membantu orang lain yang membutuhkan jasa menulis. Pekerjaan yang berkaitan dengan skill menulis misalnya adalah pengadaan naskah, mengolah data, dan mengedit naskah agar lebih layak dibaca. Bisnis yang berkaitan dengan skil menulis cukup menjanjikan dan bisa dijadikan lahan penghidupan. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang berkaitan dengan skil menulis dan dunia tulis-menulis yang bisa dijadikan lahan untuk memperoleh penghasilan.

Menulis Artikel

Seiring perkembangan teknologi internet dan banyaknya situs-situs internet yang bermunculan, kebutuhan akan tulisan berupa artikel, opini, hingga review produk sangat besar. Berbagai situs atau web tentu membutuhkan tulisan untuk mengisi situs web mereka dengan berbagai informasi sesuai dengan tema yang telah mereka tentukan. Peluang inilah yang harus dijadikan ide bisnis bagi para penulis untuk mendapatkan penghasilan.

Jika masih belum percaya bahwa menulis artikel di internet bisa dijadikan lahan penghasilan yang menggiurkan? Mungkin data ini akan memberikan sedikit gambaran. Menurut berbagai data survey di internet, saat ini terdapat lebih dari 1800 situs internet yang sifatnya umum (bukan situs pribadi) yang rutin memposting tulisan setidaknya 5 tulisan perhari. Ingat, 5 tulisan perhari itu adalah batas minimal. Dengan kata lain, setiap hari, dibutuhkan 9000 tulisan/ judul untuk diposting di internet. Tulisan sebanyak itu tentu tidak akan bisa dipenuhi oleh para pemilik situs tanpa mengandalkan jasa para penulis artikel. Biasanya, para pemilik situs akan menghubungi agen naskah untuk menawarkan kerja sama berupa pengadaan naskah sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan, mulai dari tema, judul, panjang tulisan, hingga kata kunci.

Baca Juga: Ide Usaha Kreatif untuk yang Hobi Menggambar

Peluang tersebut harus dimanfaatkan oleh penulis dengan cara mengajak teman-teman yang memiliki skill menulis lainnya untuk membuat agen naskah. Jika sudah memiliki tim pembuat naskah, kita bisa mengirimkan proposal ke berbagai situs, misalnya situs jual beli online, untuk menawarkan diri menangani pengadaan naskah, baik yang berkaitan dengan review produk atau naskah-naskah lainnya sesuai dengan pesanan.

Keuntungan

Lalu, berapakah keuntungan yang akan diperoleh seorang penulis atau agen naskah dengan menjalankan bisnis pengadaan naskah tersebut. Umumnya, para pemilik situs online memberikan harga yang berbeda-beda untuk setiap naskah. Namun untuk ukuran rata-rata, biasanya harga satu judul naskah dengan panjang 400-500 kata atau kurang lebih satu halaman akan dihargai sekitar minimal Rp. 25.000. Jika satu hari kita bisa menulis minimal 10 halaman atau 10 judul artikel, maka penghasilan kita selama sebulan adalah Rp. 7.500.000, nominal yang cukup besar dibandingkan dengan rata-rata gaji pegawai kantoran.

Itulah ide bisnis yang akan sangat menguntungkan bagi penulis. Sudah saatnya penulis lebih aktif menawarkan skill dan kemampuan menulisnya, bukan hanya pasif menunggu orderan. Skill yang dimiliki akan sangat sayang jika disia-siakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *